Musrenbang Kecamatan Nusa Penida, Bupati Suwirta Minta Petakan Masalah dan Gali Potensi Desa

musrenbang 1111
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta membuka Musrenbang Kecamatan Nusa Penida melalui video conference. (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Nusa Penida melalui video conference (zoom meeting) di Ruang Vicon Kantor Bupati Klungkung, Rabu (23/2/2022).

Musrenbang merupakan wadah untuk menyerap aspirasi di desa maupun di kecamatan untuk merumuskan program dan usulan serta menggali potensi untuk kesejahteraan masyarakat untuk dimasukan dalam Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2023.

Bupati Suwirta dalam arahannya mengatakan, usulan agar dibuat berdasarkan kebutuhan – kebutuban dan disiapkan dengan baik lengkap dengan perencanaan serta outcome-nya.

“Dalam membangun ini harus memetakan potensi dan masalah. Tolong dipetakan semuanya potensi-potensi yang ada di desa yang berimbas kepada kesejahteraan masyarakat. Usulan yang lengkap dengan perencanaan maka akan menjadi prioritas dan dipetakan kembali,” jelas Bupati Suwirta di hadapan peserta musrenbang.

Pihaknya juga menjelaskan potensi dan masalah jangan diukur dari kepentingan, melainkan dari kebutuhan. “Kita bisa mengukur dan memetakan potensi dan masalah di desa yang benar-benar berdasarkan kebutuhan yang dibutuhkan untuk mensejahterahkan masyarakat dan menggli potensi yang ada di Nusa Penida,” imbuhnya.

Sementara, Camat Nusa Penida, I Komang Widyasa Putra mengatakan, kegiatan Musrenbangcam ini dilaksanakan dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2023. Pihaknya menjelaskan rincian kerja Pemerintah Kecamatan Nusa Penida dari semua usulan-usulan yang diajukan oleh desa dan program kerja kecamatan. “Dari usulan-usulan yang diimput di SIPD sebanyak 141 usulan yang menjadi skala prioritas di desa maupun di kecamatan,” ujar Komang Widyasa. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.