Unud Lepas 1.423 Wisudawan, Rektor Unud: Implementasikan Ilmu Demi Kesejahteraan Masyarakat

unud rektor wisudawan
unud rektor wisudawan

Upacara Wisuda Unud Periode 146 di Gedung Auditorium Widya Sabha Kampus Jimbaran. (ist)

 

Bacaan Lainnya

BADUNG |patrolipost.com – Serangkaian kegiatan akademik Universitas Udayana (Unud) melaksanakan upacara wisuda ke-146 yang berlangsung secara hybrid kombinasi luring dan daring dengan titik lokasi utama berada di Gedung Auditorium Widya Sabha Kampus Jimbaran, Sabtu (19/2/2022). Jumlah wisudawan yang dilepas pada periode ini sebanyak 1.423 orang. Sampai saat ini jumlah alumni Unud sebanyak 108.198 orang.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unud Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, M.P., dalam laporannya menyampaikan wisudawan kali ini terdiri dari 3 orang program Diploma, 117 orang Profesi, 47 orang Spesialis, 966 orang Sarjana (S1), 240 orang Magister (S2) dan 50 orang Doktor (S3). Dari keseluruhan wisudawan kali ini, 237 orang diantaranya meraih predikat Dengan Pujian atau Cum Laude.

Pada periode kali ini, 132 orang wisudawan merupakan penerima beasiswa dari 25 penyedia beasiswa. Dari sisi prestasi akademik, IPK wisudawan perempuan lebih baik dari pada laki-laki, dimana rata-rata IPK perempuan 3,65 sedangkan rata-rata IPK laki-laki 3,59. Masa studi rata-rata perempuan 8,5 semester sedangkan laki-laki masa studinya 9,2 semester.

Pada periode wisuda ke-146 ini, dari 1.423 wisudawan yang dinyatakan eligible PIN sebanyak 751 orang. Total PIN yang sudah diperoleh sampai saat ini sebanyak 4.179 wisudawan selama delapan periode wisuda. Bagi yang belum memperoleh PIN masih menggunakan nomor ijazah yang dikeluarkan oleh Universitas Udayana yang didaftarkan pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI).

Rektor Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU., dalam sambutannya menyampaikan wisuda kembali dilaksanakan secara hybrid kombinasi luring dan daring karena peningkatan kasus Covid-19 terlebih merebaknya varian omicron dan penerapan PPKM serta merupakan wisuda yang kesebelas kalinya dalam masa pandemi.

Universitas Udayana saat ini tengah memasuki usia ke-60 tahun, tentu ini merupakan usia yang matang sebagai sebuah institusi pendidikan terbesar di Bali dalam menunjukkan kiprahnya sebagai pusat pendidikan yang memiliki peranan dalam menambah wawasan dan pengetahuan generasi penerus bangsa yang mampu membawa perubahan dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan dunia industri.

“Kita harus berani keluar dari zona nyaman untuk mampu bersaing, untuk itu kami sudah memiliki beberapa rencana pengembangan Unud menjadi salah satu perguruan tinggi yang tidak hanya mampu bersaing di tingkat nasional tetapi juga menuju World Class University. Salah satu yang akan kami lakukan adalah mengubah ekosistem pendidikan di Universitas Udayana, dari yang semula lokasi kuliah terpencar yakni ada yang di Denpasar dan di Bukit, akan kami integrasikan dan pusatkan di Kampus Jimbaran,” jelas Rektor Prof. Antara.

“Saat ini kami tengah menyiapkan Gedung Asrama Mahasiswa, ada sebanyak 22 tower dengan kapasitas 6.000 tempat tidur yang akan diperuntukkan bagi mahasiswa baru. Disamping itu juga akan dibangun 8 Dekanat baru, yang diperuntukkan bagi fakultas-fakultas yang sebelumnya berada di Kampus Denpasar. Hal ini diharapkan dapat menunjang efektifitas pembelajaran khususnya bagi jenjang S1 sehingga mereka bisa fokus menempuh pendidikan di lokasi yang terintegrasi. Kedepan kami berencana membangun Lecture Building dan sarana penunjangnya sehingga seluruh mahasiswa dapat menikmati fasilitas yang sama apapun prodi dan fakultasnya,” bebernya.

Rektor berharap seluruh wisudawan senantiasa bijak dalam menerapkan ilmu yang telah diperoleh dan mengimplementasikan ilmu tersebut untuk menghasilkan inovasi yang berguna dalam mensejahterakan masyarakat, bangsa dan negara. Bijak dalam menyikapi setiap isu-isu yang berkembang dan jangan mudah terprovokasi, menjadi sosok teladan yang tangguh untuk membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik dengan tetap berlandaskan etika dan norma-norma yang ada. (*/wie)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita4373-Wisuda-Ke-146-Rektor-Unud-Lepas-1-423-orang-Wisudawan-237-Diantaranya-Raih-Predikat-Cum-Laude.html

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.