Ingub 4/2022, Perayaan Rahina Tumpek Wayang Digelar dengan Upacara Jagat Kerthi

ingub
Gubernur Bali Wayan Koster. (maha)

DENPASAR | patrolipost.com – Gubernur Bali Wayan Koster menginstruksikan kepada seluruh Bupati/walikota dan pemangku masyarakat di Bali untuk melaksanakan perayaan Rahina Tumpek Wayang dengan Upacara Jagat Kerthi. Berdasarkan pertimbangan tersebut, pemprov Bali mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 4 Tahun 2022 tentang perayaan Rahina Tumpek Wayang.

Disebutkan, instruksi tersebut harus dilaksanakan dengan tertib, disiplin, dan penuh rasa tanggung jawab.

“Sebagai pelaksanaan Visi Pembangunan Daerah Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru,” kata Gubernur di gedung Jayasabha, Denpasar, Sabtu (12/2/2022).

Gubernur menambahkan, untuk melaksanakan nilai-nilai adiluhung sad kerthi diperlukan tata-titi kehidupan masyarakat Bali yang menyatu dan menjaga keseimbangan dan keharmonisan antara Alam Bali, Manusia/Krama Bali. Termasuk di dalamnya kebudayaan Bali yang meliputi adat-istiadat, tradisi, seni dan budaya, serta kearifan lokal secara niskala dan sakala.

Instruksi tersebut mulai berlaku pada Sabtu, Saniscara Wage, Prangbakat, 12 Februari 2022. Dalam kalender Bali, upacara Tumpek Wayang jatuh setiap 6 bulan atau 210 hari. (pp03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.