Minta Bantuan Sekretariat, Pertuni Bangli Temui DPRD Bangli

pertemuan antra dprd bangli dengan pertuni
Pertemuan antara DPRD Bangli dengan Pengurus Pertuni. (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Cabang Bangli, lakukan pertemuan dengan anggota DPRD Kabupaten Bangli, Kamis (10/2/2022). Rombongan Pertuni yang dipimpin Ketua Pertuni Bangli Pande Putu Riva diterima  Wakil Ketua DPRD Bangli I Komang Carles.

Pada kesempatan itu juga tampak hadir sejumlah anggota DPRD Bangli seperti I Made Natis, Ni Nengah Dwi Madya Yani, Gede Tindih dan Sang Nyoman Wijaya. Sementara dari eksekutif hadir Kadisos Bangli Ida Ayu Gde Sutha.

Bacaan Lainnya

Ketua Pertuni Bangli Pande Putu Diva pada kesempatan itu menyampaikan, memohon dukungan berkaitan dengan pengadaan kantor untuk sekretariat, dan dukungan anggaran untuk menggelar pelatihan dan proses rekrutmen  tenaga (pegawai) untuk para panyandang disabilitas. Sebut Putu Diva, pihaknya juga telah bertemu dengan Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta. 

“Kedatangan kami ke sini tiada lain untuk mohon dukungan terhadap tiga hal yang telah kami sampaikan tersebut agar bisa diperjuangkan oleh para Wakil Rakyat Bangli,” ujarnya.

Kata dia, setelah terbentuk selama ini pihaknya belum mempunyai seketariat, jadi dia berharap agar DPRD Bangli bisa memfasilitasi agar bisa diberikan pinjam pakai  kantor untuk sektariat. Sementara di sisi pengembangan SDM, Pertuni dituntut untuk ikuti program digitalisasi. Jadi untuk itu, pihaknya menemui kendala di lapangan, selain anggota yang telah berusia di atas 40 tahun, juga keterbatasan sarana-prasarana dan pelatihan digitalisasi.

“Jadi untuk itu, kami agar  bisa dibantu untuk melaknsanakan pelatihan tersebut,” ungkapnya.

Selanjut Pande Diva juga membeberkan, mengacu pada Undang-Undang Ketenagakerjaan,  telah jelas diamanahkan yakni  pemerintah harus bisa menyerap 2 persen dari kebutuhan  dari  penyandang disabilitas, dan 1 persen  bagi perusahaan swasta.

“Jadi apa yang diamanahkan oleh Undang-undnag tersebut agar direalisasikan sehingga kami sebagai penyandang disabilitas bisa bekerja di instansi pemerintah maupun swasta. Untuk itu kami mohon bapak-bapak mengawal dan mewujudkan harapan kami tersebut,” sebutnya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Bangli  I Komang Carles menyampaikan apresiasi terkait terbentuknya perhimpunan Pertuni  Bangli sebagai wadah para penyandang disabilitas, khususnya para  penyandang tuna netra di Kabupaten Bangli. Berkaitan dengan  harapan anggota Pertuni Bangli untuk bisa dpinjamkan seketariat serta kegiatan pelatihan dan mohon bisa diserap dalam rekrutmen tenaga kerja (pegawai) baik pada pemerintah maupun swasta, pihaknya  akan berupaya untuk memperjuangkan aspirasi tersebut.

“Kami akan berupaya mengawal aspirasi ini di tahun 2023. Maklum saja, karena anggaran tahun 2022 berjalan dan kondisi keuangan daerah yang terdampak pandemi Covid 19, anggota DPRD saat ini tidak dapat dana asipirasi,” ucapnya.  

Sedangkan Kadisos Bangli Ida Ayu Gde Yudi Sutha pada kesempatan itu menyebutkan, apa yang disampaikan Pertuni itu memang sudah pernah dipaparkan kepada Bapak Bupati dan Wakil Bupati maupun Sekda Bangli.

“Pertuni Bangli sebelumnya telah sempat memaparkan hal tersebut ke Bapak Bupati,” ujarnya.

Kata Dayu Yudhi, tahun ini anggaran yang diperuntukkan untuk penyandang disabilitas di tahun 2022 sangat minim. Yang mana, hanya Rp 8 juta. Padahal sebelumnya, anggaran untuk para penyandang disabilitas ini  mencapai Rp 25 juta.

“Anggaran Rp 8 juta ini sudah termasuk anggaran bantuan peralatan seperti kursi roda dan alat bantu lainnya.  Sementara untuk penambahan anggaran akan diupayakan dalam APBD perubahan nanti,” jelasnya. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.