Staf Khusus Kemenpora: SIWO Harus Mampu Mengawal dan Mengawasi Penerapan DBON

2022 02 08 08 51 04 591
2022 02 08 08 51 04 591

Staf Khusus Bidang Pengembangan dan Prestasi Olahraga Kemenpora RI Mahfudin Nigara.

 

Bacaan Lainnya

 

KENDARI | patrolipost.com – Selain sebagai media informasi, Pers Nasional juga memiliki fungsi sebagai kontrol sosial. Untuk itu tepat rasanya jika Rakernas Seksi Wartawan Olahraga Indonesia (Siwo) PWI di Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (7/2/2022), juga membahas upaya untuk mengawal dan mengawasi penerapan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di tengah-tengah masyarakat.

DBON itu sendiri adalah program unggulan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI yang diharapkan bisa memecah kebuntuan soal prestasi olahraga nasional di level dunia. Pasalnya, selama ini hanya cabor bulutangkis yang memiliki program itu, cabor lainnya belum.

Lewat DBON, Pemerintah membuat pabrik atlet dengan target berprestasi di Olimpiade.

“Siwo harus punya peran dalam DBON, sebagai Dewan Pengawas. Ini momen emas untuk Siwo agar bisa berperan dalam mendukung olahraga Indonesia menjadi lebih berprestasi,” kata Staf Khusus Bidang Pengembangan dan Prestasi Olahraga Kemenpora RI Mahfudin Nigara yang hadir di lokasi Rakernas Siwo PWI, D’Blitz Hotel, Kendari.

Mahfudin Nigara yang juga anggota Dewan Penasihat PWI itu juga mengatakan bahwa dukungan Siwo tak hanya bisa diberikan lewat tulisan dan berita yang didistribusikan pada masyarakat, tapi juga dalam bentuk mengawal kebijakan pemerintah daerah dalam mengembangkan olahraga.

“DBON ini dirancang oleh para pakar, dan sudah ada Inpres-nya. Jadi, ini bukan sekedar program. Namun, tentu perlu dukungan total dari pemerintah daerah di Indonesia agar DBON benar-benar bisa diterapkan dan mencapi tujuan yang diinginkan. Di situlah Siwo harus bisa berperan, mengawal kebijakan pemerintah daerah untuk mengembangkan olahraga,” jelas Nigara.

“Dunia olahraga kita saat ini bersyukur karena Menpora Zainudin Amali adalah menteri yang sungguh-sungguh paham olahraga. Maka, ketika awal beliau mengatakan akan membuat pabrik atlet, saya merasa takjub. Inilah yang belum pernah disentuh selama ini,” lanjut Nigara wartawan olahraga senior ini.

Rakernas Siwo PWI di Kendari dibuka oleh Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari dan dihadiri oleh perwakilan Siwo dari seluruh Indonesia. Dijadwalkan pula pada Selasa (8/2/2022), Menpora Zainudin Amali akan melakukan penandatanganan kerja sama dengan PWI terkait DBON. (*/wie)

 

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.