Sebagai Wujud Rasa Syukur, Sejumlah Lapas di Bali Rayakan Tumpek Uye

tumpek landep
Warga Binaan di sejumlah lapas di Bali merayakan peringatan Tumpek Kandang, Sabtu (29/1/2022). (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Tumpek Kandang dirayakan setiap 210 hari atau 6 bulan sekali. Kali ini Tumpek Kandang jatuh pada Sabtu (29/1/2022). Tumpek Kandang jatuh setiap Sabtu Kliwon Wuku Uye.

Seperti namanya, Tumpek Kandang merupakan wujud syukur dan terima kasih kepada binatang karena membantu kehidupan manusia. Peringatan ini juga dirayakan oleh warga binaan di sejumlah Lembaga Pemasyarakat (Lapas) di Bali. Di Lapas Kelas II B Singaraja dan Badan Pemasyarakatan Kelas I Denpasar, dilakukan dengan melepas burung merpati.

Bacaan Lainnya

Sedangkan di Rutan Kelas II B Negara perayaan Tumpek Kandang atau Tumpek Uye dilakukan dengan mecaru atau upacara pembersihan untuk menjaga keseimbangan manusia dan alam.

“Perayaan ini untuk menjaga keseimbangan dan keharmonisan alam, manusia dan kebudayaan Bali yang diharapkan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan,” kata Kepala Kanwilkumham Bali Jamaruli Manihuruk.

Persembahyangan bersama ini diikuti oleh seluruh petugas dan warga binaan pemasyarakatan yang beragama Hindu.

Sesuai dengan Instruksi Gubernur Bali Nomor 1 Tahun 2022, Perayaan Rahina Tumpek Uye merupakan pelaksanaan nilai-nilai adiluhung Sad Kerthi sebagai tata titi kehidupan masyarakat Bali. Dalam konteks manusia dan alam, Tumpek Kandang atau Tumpek Uye bukan hanya ditujukan kepada binatang saja. Tapi juga pembersihan bhuana agung dan bhuana alit. (pp03)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.