Kapolri Hadiri Pungukuhan Bantuan Keamanan Desa Adat dan Sipandu Beradat

bantuan keamanan desa1
Kapolri mencanangkan pembentukan Sipandu Beradat. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo MSi menghadiri pengukuhan Bantuan Keamanan Desa Adat (Bankamda) dan peresmian Sipandu Beradat di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Provinsi Bali, Jumat (28/1/2022).

Acara ini dihadiri Kapolda Bali Irjen Pol Drs Putu Jayan Danu Putra SH MSi, Gubernur Bali Dr Ir I Wayan Koster MM, Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf SH beserta stakeholder lainnya.

Bacaan Lainnya

SIpandu Beradat dibentuk di Desa Adat, di Kecamatan, di Kabupaten/Kota, dan di Provinsi. Komponen Sipandu Beradat di Desa Adat meliputi unsur: Pacalang, Pelindungan Masyarakat (Linmas), Bhayangkara Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dan/atau Pam Swadaya terdiri dari Satuan Pengamanan (Satpam) dan/atau Bantuan Keamanan Desa Adat (Bankamda).

Sedangkan komponen Sipandu Beradat di Kecamatan, Kabupaten/Kota, dan Provinsi beranggotakan unsur-unsur lembaga sesuai tingkatannya.

Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi pembentukan Forum Sipandu Beradat yang merupakan implementasi dari Pergub Bali Nomor 26 Tahun 2020 tentang Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat.

“Saya sangat mengapresiasi pembentukan forum Forum Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat (Sipandu Beradat). Dengan adanya forum ini dapat mendukung stabilitas kamtibmas, memperkuat upaya pengendalian Covid-19 dan mendukung keberhasilan pelaksanaan berbagai event yang ada di Bali,” ujarnya.

Dalam melaksanakan tugas pengamanan preventif dan preemtif terbatas, komponen Sipandu Beradat dapat berkoordinasi dengan unsur-unsur lembaga sesuai tingkatannya. (hms/007)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.