Petugas Pungut Retribusi Objek Wisata Bangli yang Baru Direkrut Akan Jalani Pelatihan

kepala dinas pariwisata dan kebudayaan bangli, i wayan sugiarta
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangli, I Wayan Sugiarta. (dok)

BANGLI | patrolipost.com – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bangli akan melaksanakan pelatihan dengan menyasar petugas pungut retribusi di kawasan Kintamani, Bangli. Dengan diberikan pelatihan diharapkan petugas pungut yang notabene pegawai baru dalam jalan tugas mampu bertugas dengan baik dan penuh dedikasi.

Kepala Disparbud Bangli, I Wayan Sugiarta mengatakan petugas pungut retribusi objek wsiata di bawah Dinas Pariwisata. Khusus di kawasan Kintamani ada 60 orang pegawai yang ditugaskan, baik petugas pungut, kebersihan hingga keamanan.

Bacaan Lainnya

Karena petugas ini berasal dari latar belakang berbeda, maka disatukan pemahaman untuk memberikan pelayanan di bidang pariwisata. “Petugas ini akan berhadapan dengan wisatawan, maka itu perlu dibekali ilmu terkait tata cara dan etika dalam berikan pelayanan pada wisatawan. Petugas ini juga sebagai cerminan dalam pengelolaan Pariwisata Bangli,” ujarnya, Kamis (27/1/2022).

Pelatihan rencananya akan dilaksanakan pada awal Februari mendatang. Setelah pelatihan tersebut, puluhan pegawai ini akan langsung bertugas. Untuk pos pungut, kata Wayan Sugiarta ada 8 titik.

“Petugas akan disebar dan penempatan sesuai dengan hasil penilaian saat pelatihan nanti,” jelasnya.

Untuk saat ini retribusi di kawasan Kintamani belum diberlakukan sehingga setelah ada petugas pengenaan retribusi akan diberlakukan normal.

Ke depan sudah dirancang untuk retribusi akan menggunakan e-ticketing. “Seluruhnya akan menggunakan non-tunai. Hal ini tentu mengatisipasi terjadi kebocoran,” sebutnya.

Selain itu pemerintah daerah juga akan mempersiapkan untuk pemberlakukan satu pintu. Masih dilakukan koordinasi untuk bisa jalur Penelokan-Kintamani tersebut khusus jalur wisata. Sedangkan untuk aktivitas masyarakat yang mau ke Singaraja begitu juga sebaliknya akan ada jalur tersendiri. (750)

 

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.