Abrasi Pantai di Klungkung Mengkuatirkan

abrasi 555555
Abrasi pantai di Klungkung kondisinya mengkuatirkan dan perlu upaya penanganan serius. (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Abrasi pantai di Klungkung, baik di daratan maupun di kawasan seberang Nusa Penida utamanya di Suana sangat mengkuatirkan.

Terkait kondisi ini Kadis PUPR Klungkung Made Jati Laksana membenarkan kondisi tersebut dan pihaknya sudah mencanangkan pembuatan tanggull di sepanjang Pantai Klungkung daratan maupun disepanjang Pantai Suana, Nusa Penida.

Dari satker informasi Balai BWS Bali bahwa pembangunan pengaman pantai di Nusa Penida utamanya di Suana dianggarkan dari Balai BWS sebesar Rp 15 miliar. Itu menyangkut pengerjaan tanggul di kawasan Pantai Desa Suana dan Dusun Semaye. Itu pengerjaannya dari satker OP BWS dibangun rehab pengaman pantai di ruas Pantai Karangsari sebesar Rp 3,5 miliar.

“Sementara penanganan sepanjang pantai ruas Tegal Besar ,Lepang sepanjang 2,31 km, dengan biaya total Rp 58 M dari Balai BWS. Sementara sudah tertangani sepanjang 1 km, dan yang belum tertangani sepanjang 1,31 km. Namun yang ditangani sekarang 1 ,3 km,” ujar Made Jati.

Untuk penanganan sepanjang ruas Pantai Sidayu sampai Pantai Kusamba sepanjang 10,64km dengan biaya Rp 43 M, Dimana yang rawan abrasi 6,22 km, sudah tertangani 1 km, belum tertangani 5,22 km.

“Untuk tahun ini ditangani sepanjang kurang lebih 1km,” tambahnya.

“Terkait pembiayaan untuk pemeliharaan rutin untuk jalan di Nusa Penida sebesar Rp 900 juta, sementara untuk ruas jalan didaratan sebesar Rp 1,6 miliar,” pungkasnya. (855)

 

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.