Lakukan Hal ini Agar Tidak Terlilit Utang Berkepanjangan

utang artikel
https://www.pexels.com/photo/paying-with-cash-4968488/

UTANG yang dibiarkan menggunung tentunya akan membuat Anda kewalahan sendiri. Apalagi jika Anda tidak memiliki finansial yang cukup untuk melunasi semua utang yang dimiliki. Meskipun begitu, membayar tagihan utang adalah kewajiban bagi siapa saja yang sudah meminjam uang.

Jika dilihat dari banyak kasus, salah satu masalah yang sering terjadi dapat disebabkan karena tidak disiplin dalam membayar cicilan sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan. Semakin ngaret pembayaran, maka akan semakin tinggi jumlah tagihan karena adanya sistem bunga.

Hal inilah yang membuat Anda harus tahu bagaimana langkah ampuh untuk melunasi utang. Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Mencicil Utang Lebih Ringan dengan Cara Ini

Persoalan utang piutang menjadi beban yang mampu merusak impian finansial Anda. Agar Anda terbebas dari tumpukan utang ini, sebaiknya rutin mencicil tagihan hingga lunas. Namun ternyata tidak hanya itu, Anda juga harus paham strategi melunasi utang lainnya seperti berikut ini.

1.     Lakukan Pembayaran Lebih

Jika Anda memiliki uang, tidak ada salahnya untuk membayar tagihan lebih dari biasanya. Hal ini sangat ampuh untuk meringankan beban membayar utang pada kesempatan lainnya. Namun jangan sampai uang yang digunakan ini malah mengganggu finansial Anda untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

2.     Potong Pengeluaran

Ingin melunasi utang tapi tidak punya uang? Maka jalan alternatif yang wajib Anda lakukan adalah dengan memotong pengeluaran. Usahakanlah untuk lebih hemat dan tidak berfoya-foya terlebih dulu hingga utang Anda lunas.

3.     Cari Penghasilan Tambahan

Penghasilan yang Anda miliki tentunya akan semakin bertambah jika memiliki sumber gaji lain. Oleh karena itu, untuk membantu melunasi utang yang dimiliki sebaiknya cari penghasilan tambahan lainnya. Baik itu bekerja sebagai freelancer seperti penulis, fotografer, hingga konten kreator, semuanya dapat Anda coba agar bisa melunasi utang dengan cepat.

4.     Jangan Buat Utang Baru

Cara mengatasi stress karena banyak utang dapat dilakukan dengan menghindari membuat utang baru. Jangan gali lubang tutup lubang, sebaliknya Anda harus lebih hemat dan menahan diri untuk tidak membuat banyak pengeluaran yang tidak penting seperti nongkrong atau belanja di mall.

5.     Jual Barang

Barang di rumah Anda yang tidak lagi digunakan bisa dijual sebagai barang preloved dengan harga yang lumayan. Apalagi jika barang tersebut masih layak untuk digunakan. Uang hasil menjual barang bekas ini bisa Anda gunakan untuk mencicil utang. Dengan demikian, coba carilah barang di sekitar Anda yang sekiranya bisa dijual kembali dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Nah setelah mengetahui bagaimana cara melunasi utang di atas, sebaiknya sekarang Anda mulai mengubah kebiasaan buruk menjadi lebih hemat agar utang tersebut bisa cepat lunas. Jika utang yang dimiliki telah lunas pastinya Anda pun bisa hidup dengan tenang.

Namun jika Anda masih membutuhkan dana cepat dengan jumlah yang tinggi, Anda bisa mengatasinya bersama Tunaiku. Kini Anda tidak perlu takut lagi cicilan menumpuk karena Tunaiku memberikan masa tenor yang lama sampai 20 bulan. Tidak hanya itu, jumlah pinjaman yang dapat Anda ajukan pun mencapai Rp 20 juta.

Tunaiku sendiri merupakan produk unggulan dari PT Bank Amar Indonesia Tbk yang telah memiliki izin sebagai bank konvensional sejak tahun 2014. Untuk menjamin keamanannya, Tunaiku telah berhasil memiliki sertifikasi ISO 27001. Hal inilah yang membuat mengapa Tunaiku terbaik.

Tunaiku dapat dengan mudah memberikan pinjaman modal usaha dengan hanya menggunakan KTP saja. Bahkan dalam proses pengajuannya, Anda tidak perlu menyiapkan agunan yang kadang membebani nasabah.

Anda juga bisa langsung melakukan simulasi pinjaman Tunaiku untuk mengetahui bagaimana proses pinjaman di website resmi Tunaiku. Oleh karena itu, mari segera kunjungi laman Tunaiku dan dapatkan pinjaman yang diinginkan. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.