Unmas Bersama IAP Tanam Manggrove Sukseskan Gerakan Satu Juta Pohon 

2022 01 13 08 08 13 050
2022 01 13 08 08 13 050

Gerakan satu juta pohon Unmas Bersama IAP di kawasan Manggrove Denpasar.

 

Bacaan Lainnya

 

DENPASAR | patrolipost.com – Program Studi (Prodi) S1 Teknik Lingkungan Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar beserta Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Teknik Lingkungan Unmas Denpasar bersama Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP), berpartisipasi untuk mensukseskan Gerakan Satu Juta Pohon di seluruh Indonesia dengan menanam bibit pohon mangrove di area Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Pulau Serangan, Denpasar.

Kegiatan yang beranjak dari kondisi laju deforestasi di Indonesia yang semakin hari semakin meningkat tajam. Hal ini diungkap Dekan Fakultas Teknik Unmas Denpasar Dr. Ir. I Made Sastra Wibawa, M.Erg.

Ia menyatakan, gerakan ini juga dilakukan dalam rangka mendukung salah satu misi dari Prodi S1 Teknik Lingkungan yang berupaya untuk selalu mempertahankan kelestarian lingkungan secara berkelanjutan.

Dirinya juga mengingatkan akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan secara berkelanjutan.

“Sebagai ahli teknik pada umumnya, dan ahli teknik lingkungan khususnya, diharapkan selalu melandasi setiap pembangunan yang menggunakan teknologi dengan filsafat lingkungan serta memperhatikan kearifan lokal yang ada,” katanya kepada beberapa awak media, Senin (10/1/2022).

“Intinya selama unsur-unsur pelestarian lingkungan diperhatikan, maka pembangunan dan kelestarian lingkungan di Bumi ini akan dapat berjalan dengan selaras dan penuh harmonisasi,” tukasnya.

Sementara Ketua Kegiatan Ni Luh Putu Mahendra Dewi, S.Si., M.Si. menyampaikan, Gerakan Satu Juta Pohon yang diperingati setiap tanggal 10 Januari merupakan salah satu upaya pelestarian lingkungan dan penyelamatan hutan di Indonesia.

“Oleh karenanya pada hari ini, kami dari Program Studi Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar bersama IAP melakukan penanaman bibit pohon mangrove,” terangnya.

Senada dengan Ketua Kegiatan, Ketua IAP Bali Ir. Anak Agung Gede Sutrisna Wijaya Putra, ST., MT. berharap dengan adanya Gerakan Satu Juta Pohon di seluruh Indonesia selain dapat menekan laju deforestasi, serta bisa mempertahankan keberadaan hutan di Indonesia sebagai salah satu paru-paru dunia yang memproduksi separuh oksigen bagi Bumi.

“Semoga kegiatan seperti ini akan kontinyu dilakukan, tidak hanya dari Prodi S1 Teknik Lingkungan, namun seluruh elemen masyarakat, sehingga dapat menumbuhkan bibit cinta akan lingkungan dan ikut berpartisipasi pada kelestarian lingkungan secara nasional maupun internasional,” tutupnya.(wie)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.