Banjir Kalsel Terus Meninggi hingga Dua Meter

banjir xxxxx
Tim SAR gabungan dikomando anggota Kodim 1006/Banjar menyuplai bahan makanan untuk warga yang masih bertahan di rumah. (ist)

BANJARMASIN | patrolipost.com – Bencana alam banjir di Pengaron, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), terus meninggi. Bahkan hingga mencapai dua meter pada Rabu (12/1/2022).

”Tim SAR gabungan terus melakukan evakuasi warga yang rumahnya terendam banjir,” kata Komandan Kodim 1006/Banjar Letkol Inf Imam Muchtarom seperti diansir dari Antara di Martapura.

Banjir di Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar terjadi sejak Selasa (11/1) usai hujan deras sepanjang hari kemarin. Debit air di Sungai Riam Kiwa terus meninggi dan desa-desa yang dilintasinya terendam.

Selain di Pengaron, sejumlah wilayah di Kabupaten Banjar juga terdampak banjir cukup parah dengan ketinggian air bervariasi. Di antaranya Kecamatan Sungai Pinang, Telaga Bauntung, dan Kecamatan Simpang Empat.

Imam Muchtarom mengimbau warga yang rumahnya terendam agar mau dievakuasi untuk menghindari hal-hal tak diinginkan, termasuk adanya korban jiwa. Jika masih bertahan di rumah, dia mengingatkan untuk berhati-hati terhadap ancaman banjir yang lebih tinggi sewaktu-waktu.

”Kalau melihat kondisi cuaca masih hujan, masyarakat patut waspada. Utamakan keselamatan diri daripada harta benda,” ujar Imam Muchtarom.

Tim siaga banjir dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar dibantu TNI-Polri dan relawan juga terus mendistribusikan bantuan makanan bagi warga yang masih bertahan di rumah. Termasuk untuk kebutuhan dapur darurat di lokasi pengungsian. (305/jpc)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.