Awas, Stres Bisa Memperparah Diabetes

diabetes
Stres dapat memperburuk kondisi pasien diabetes.

JAKARTA | patrolipost.com – Diabetes merupakan salah satu penyakit tidak menular yang kini banyak diderita oleh usia produktif. Dengan banyaknya kasus mengenai diabetes, peran keluarga dan kerabat menjadi penting. Pasalnya banyak orang yang mengidap diabetes mengalami kendala mental.

Seperti stres karena mengetahui penyakit yang dideritanya. dr Rudy Kurniawan, Spesialis penyakit dalam mengatakan, mengatasi diabetes tidak hanya dari segi obat. Karena jika kita hidup berdampingan dengan penyandang diabetes, support system dari keluarga dan teman itu berpengaruh penting.

Bacaan Lainnya

“Karena diabetes itu agak kompleks. Jadi justru lebih bahaya dari komplikasi-komplikasinya. Oleh karena itu memang beberapa harus kita kerjakan secara support harus baik,” jelasnya, Senin (18/11/2019), Dilansir detikHealth. Peran keluarga inilah yang membantu penderita diabetes untuk tetap semangat.

Dengan semangat yang baik, proses penyembuhan dipercaya akan lebih mudah. Selain itu, dr Rudy Kurniawan juga menjelaskan bahwa keluarga atau kerabat berperan sebagai pengingat untuk tetap menjaga pola hidup sehatnya. “Keluarga adalah support system yang paling baik,” pungkasnya. (999)

 

sumber: detikHealth

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.