Pastikan Keamanan, Angkutan Penyeberangan Danau Batur Jalani Cek Fisik

danau batur
Aktifitas penyeberangan di Danau Batur. (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Memastikan kelayakan beroperasi, Dinas Perhubungan Bangli melakukan pengecekan fisik sarana angkutan penyeberangan di Danau Batur. Pengecekan fisik melibatkan petugas dari Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XI Bali dan NTB.

Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Danau Batur, I Ketut Nasta mengatakan pengecekanan fisik sarana angkutan penyeberangan Danau Batur dilakukan menindaklanjuti Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor SE.16KP.004/2020 tentang pelaksanaan tugas dan fungsi pengawasan operasional transportasi sungai danau.

Bacaan Lainnya

Kata I Ketut Nasta kegiatan pengecekan memang rutin dilakukan setiap tahun. Pengecekan dilakukan petugas dari Balai Pengelola Trasoprtasi Darat Wilayah XI Bali dan NTB.

”Pengecekan rutin dilakukan tiap tahun dengan tujuan memastikan sarana transportasi layak beroperasi,” ujarnya, Selasa (11/1/2022).

Lanjut I Ketut Nasta untuk jumlah armada angkutan trasportasi jenis motor  boat yang beroperasi sebanyak 23 unit yang tergabung dalam Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (Gapasdap) Danau Batur.  Selain itu pengecekan juga sasar alat transpotasi jenis kano.

Jika berkaca hasil pengecekan fisik tahun 2020 dari total 23 unit boat yang jalani pemeriksaan hasilnya 21 boat dinyatakan layak beroperasi sedangkan 2 boat direkomindasi tidak layak beroperasi.

Disinggung upaya meminimalisasi musibah kecelakaan, kata Ketut Nuasata selain dilakukan pengecekan fisik secara rutin, pihaknya lakukan pengawasan langsung di lapangan, diantaranya mengawasi jumlah penumpang yang diangkut  dan memastikan penumpang boat mengenakan jaket pelampung.

”Satu motor boat milki daya angkut untuk 7 orang dan kami tidak akan berikan toleransi angkut penumpang melebihi kapasitas,” tegasnya. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.