Terbitkan E-Catalogue, Upaya Pemkab Mabar Perkenalkan Produk UMKM dan Ekraf ke Pasar Digital

umkm perumda bidadari
E-Catalogue UMKM Perumda Bidadari. (ist)

LABUAN BAJO | patrolipost com –  Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Bidadari resmi menerbitkan E-Catalogue bagi pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang ada di Kabupaten Manggarai Barat.

Direktur Utama Perumda Bidadari, Sutanto Werry menyampaikan penerbitan E-Catalogue ini merupakan langkah awal dari program digital marketing yang diusung oleh Perumda Bidadari dalam memperkenalkan produk – produk pelaku UMKM dan Ekraf yang ada di Kabupaten Manggarai Barat ke pasar nasional maupun internasional.

Bacaan Lainnya

Werry menjelaskan, seiring dengan kemajuan teknologi saat ini yang telah mengubah cara dunia bekerja maka perilaku pengguna dan konsumsi media telah mengambil jalur yang berbeda, berkat internet. Bahkan periklanan tidak lagi terbatas pada saluran konvensional, namun sekarang ini telah memasuki era iklan digital.

Menurutnya, digital advertising atau tepatnya iklan digital adalah segala bentuk iklan yang muncul secara online atau di saluran digital seperti situs web, mesin pencari, platform media sosial, aplikasi seluler, dan saluran lain yang dapat diakses secara digital yang bertujuan untuk membantu memperkenalkan sebuah produk, tak terkecuali bagi produk pelaku UMKM dan Ekraf sehingga memudahkan pelanggan atau pelaku wisata di Labuan Bajo mengakses produk mereka saat berbelanja cinderamata yang ada di Labuan Bajo.

“Oleh karena itu, Perumda Bidadari menerbitkan E-Catalogue bagi pelaku UMKM dan Ekraf yang ada di Kabupaten Manggarai Barat,” ujar Werry.

E-Catalogue ini, lanjut Werry nantinya akan di upload ke data cloud, kemudian disiapkan akses dalam bentuk QR code sehingga semua orang dimanapun berada dapat mengunduh e-Catalogue tersebut. Hal ini tentu dipandang perlu dalam memudahkan para wisatawan maupun masyarakat Labuan Bajo untuk mengetahui produk dan/atau jasa apa saja yang ada di Labuan Bajo, di sisi lain hal ini juga membantu para pelaku UMKM untuk mempromosikan produk/jasa mereka.

Selain itu, e-Catalogue ini nantinya juga akan memaparkan narasi singkat dari setiap produk UMKM, identitas, dan data pendukung produk/jasa yang dimiliki.

Untuk itu, Werry berharap E-Catalogue ini mampu mendekatkan produk – produk pelaku UMKM dan Ekraf asal Kabupaten Manggarai Barat lebih dekat kepada konsumen, selain itu Ia juga mengajak  para pelaku UMKM dan Ekraf yang ada di Kabupaten Manggarai Barat mampu memanfaatkan E-Catalogue ini dalam memperkenalkan produk-produk yang dimiliki.

“Hal ini tentunya sesuai dengan arahan dan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat yaitu “Mengembangkan Daya Saing Ekonomi Daerah Berbasis Potensi Lokal, untuk itu kami berharap dengan adanya E-Catalogue ini dapat mendekatkan para produsen lokal di Manggarai Barat ini ke para wisatawan. Selain itu kami juga mengajak pelaku UMKM dan Ekraf lainnya untuk dapat bergabung dengan melakukan pendaftaran dalam E-Catalogue ini,” ucap Werry.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi sangat mendukung penerbitan E-Catalogue ini dan memberikan apresiasi atas bentuk dukungan dan perhatian dari Perumda Bidadari dalam membantu para pelaku UMKM dan Ekraf yang ada di Kabupaten Manggarai Barat.

“Dengan adanya langkah strategi baru yang memberdayakan digital advertising ini, bisa membantu memberikan informasi bagi para wisatawan yang sangat ingin membeli cinderamata di Labuan Bajo. Meningkatkan perekonomian pelaku UMKM dan memperkenalkan Labuan Bajo melalui produk UMKM baik secara nasional bahkan sampai ke Internasional,” ucap Bupati Edi.

Penerbitan E-Catalogue ini pun mendapatkan respon yang positif dari salah seorang pelaku Ekraf yang ada di Labuan Bajo. Adanya program digitalisasi marketing melalui E-Catalogue ini diharapkan menjadi tanda kehadiran pemerintah daerah dalam mendukung para pelaku UMKM dan Ekraf yang ada di Kabupaten Manggarai Barat.

“Saya sangat senang ikut serta mendaftarkan diri dalam E-Catalogue Perumda Bidadari ini, saya berharap setelah adanya E-Catalogue tersebut dapat meningkatkan minat dan daya jual produk saya. Saya juga mau mengajak teman-teman UMKM di Labuan Bajo yang belum terdaftar agar segara merapatkan diri karena bagi saya ini adalah peluang atau pintu baru untuk berjualan. Terima kasih Perumda Bidadari,” ungkapnya. (334)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.