BPBD Evakuasi Korban Bencana Alam, Made Kasta Serahkan Bantuan

pmi 1111
Ketua PMI Klungkung, I Made Kasta menyerahkan bantuan kepada korban bencana alam, Senin (10/1/2022). (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Klungkung, I Made Kasta bersama personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klungkung melakukan evakuasi terhadap korban bencana hujan deras dan angin linus yang terjadi di sejumlah wilayah di Klungkung, Minggu (9/1/2022).

Selain evakuasi juga diserahkan bantuan kepada korban bencana akibat kerusakan yang ditimbul oleh hujan deras dan angin kencang. Cuaca buruk tersebut juga mengakibatkan seekor sapi betina milik Nengah Sudarta tertimpa pohon beringin di Desa Kamasan, Kecamatan Klungkung.

Untuk itu, I Made Kasta yang juga Wakil Bupati Klungkung bersama pihak terkait melakukan proses evakuasi, memotong dahan dahan pohon yang tumbang tersebut, Senin (10/1/2022).

Pemilik sapi Nengah Sudarta menceritakan, bencana ini terjadi sekitar pukul 20.00 Wita. Kejadian diawali dengan hujan yang disertai petir dan angin kencang. Selanjutnya pohon beringin tumbang menimpa gubuknya yang berisi 5 ekor sapi.

“Dalam gubuk itu 5 ekor sapi saya tertimpa pohon beringin, satu ekor sapi mati dan seekor anak sapi berumur 1 bulan masih belum ditemukan. Kerugian sekitar Rp 8 juta,” ujar Nengah Sudarta.

Di lokasi berbeda yakni di Dusun Peken Desa Bakas, sebuah pohon Nyantuh juga tumbang menimpa rumah milik I Ketut Susila Dharma. Musibah terjadi pukul 22.00 Wita saat hujan gerimis. Pohon nyantuh menimpa kamar tidur I Ketut Susila Dharma. Tidak ada korban jiwa namun kerugian diperkirakan mencapai Rp 1juta.

Di lokasi yang sama yakni di Br Pering Dusun Peken Desa Bakas, bangunan Bale Dangin milik I Wayan Widia roboh saat diguyur hujan disertai angin kencang. Kejadian sekitar pukul 21.00 Wita dengan kerugian diperkirakan mencapai Rp 50 juta.

Bersama BPBD Klungkung, Wabup Made Kasta juga membantu evakuasi sebuah mobil yang terjerembab akibat garasenya amblas diguyur hujan deras, di Dusun Kawan Desa Bakas, Kecamatan Banjarangkan. Pemilik mobil I Ketut Warka mengatakan garase mobilnya mengalami amblas dibagian lantai saat hujan deras sehingga sebuah mobilnya jatuh terjerembab. Kerugian diperkirakan sebesar Rp 10 juta.

Tidak hanya itu, hujan juga menyebabkan dua titik jalan menuju pantai Tegal Besar di Dusun Tegal Besar Desa Negari Kecamatan Banjarangkan, jebol dan tidak bisa dilalui. Jalan yang terletak dipinggir aliran sungai ini jebol saat hujan deras yang menyebabkan debit air sungai menjadi tinggi dan deras.

Selain meninjau lokasi bencana, Made Kasta juga langsung menyerahkan bantuan sembako dari PMI Klungkung kepada sejumlah warga yang tertimpa musibah ini.
“Mari kita waspada, karena bencana datang tidak pernah kita prediksi. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban warga kita yang tertimpa musibah,” ujar Made Kasta. (855)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.