Diduga Konsleting, Palinggih di Pura Pasek Gelgel Aan Terbakar

kebakaran pura
Petugas Kepolisian melakukan olah TKP di lokasi kebakaran di Pura Dadia Pasek Gelgel Aan, Banjar/Desa Subaya, Kecamatan Kintamani, Bangli, Sabtu (8/1/2022). (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Kebakaran terjadi di Pura Dadia Pasek Gelgel Aan, Banjar/Desa Subaya, Kecamatan Kintamani, Bangli, Sabtu (8/1/2022) sekitar pukul 10.30 Wita. Dalam insiden tersebut palinggih yang terbakar berupa tumpang dua dan rong satu. Kebakaran tersebut diduga akibat konsleting listrik.

Dikonfirmasi terkait kebakaran tersebut Kasat Reskrim Polres Bangli AKP Androyuan Elim mengatakan kebakaran diketahui sekitar pukul 10.30 Wita. Kejadian tersebut diketahui salah seorang warga. “Seorang warga melihat kepulan asap dari pura tersebut. Kebetulan warga berada tidak jauh dari pura,” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Warga setempat gotong royong memadamkan api yang membakar palinggih meru. Dari olah TKP yang dilakukan petugas diduga kebakaran dipicu konsleting listrik.

Terpisah, Perbekel Subaya I Nyoman Diantara mengatakan, bangunan yang terbakar berupakan palinggih meru tumpang dua dan atap palinggih rong satu. Warga dengan cepat melakukan pemadaman sehingga api  tidak merembet ke bangunan lain. Proses pemadaman sekitar satu jam.

“Api tidak sampai mengenai palinggih yang lain karena warga dengan cepat melakukan  pemadaman,” sebutnya.

Pasca kejadian tersebut pengempon Pura yang jumlah sekitar 60 kepala keluarga (KK) akan melakukan paruman untuk menentukan proses selanjutnya.

“Sejatinya bangunan Pura Pasek Gelgel Aan tergolong baru. Pada 2020 lalu baru dilaksanakan upacara Ngenteg linggih,” ujarnya. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.