Desa Dangin Puri Kelod Rutin Laksanakan Program Prokasih

kali bersih
Pelaksanaan program Kali Bersih (Prokasih) Desa Dangin Puri Kelod di Tukad Cuk Poni. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Dalam musim penghujan, tentu kebersihan lingkungan wajib ditingkatkan. Sehingga Desa Dangin Puri Kelod dengan rutin melaksanakan program Kali Bersih (Prokasih) setiap minggunya. Hal ini disampaikan Perbekel Desa Dangin Puri Kelod I Made Sada saat di hubungi, Sabtu (8/1/2022).

Menurutnya, Prokasih adalah program pengendalian air sungai dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas saluran air agar tetap terjaga sesuai dengan peruntukannya. Program ini juga untuk mengedukasi masyarakat untuk ikut serta menjaga kebersihan. Adapun tujuan kegiatan ini rutin digelar sebagai upaya dalam meminimalisir terjadinya banjir.

Bacaan Lainnya

“Kebersihan wajib dijaga, baik itu kebersihan sungai maupun lingkungan. Terlebih lagi dalam situasi musim penghujan dan pandemi Covid-19 seperti sekarang ini,” ujar Sada.

Lebih lanjut Sada mengatakan, pogram Prokasih tidak hanya membersihkan sungai, namun juga membersihkan tempat-tempat yang berpotensi kumuh yang ada di Desa Dangin Puri Kelod. Sehingga pihak Desa Dangin Puri Kelod bersama Juru Pemantau Lingkungan atau Jumali secara rutin melaksanakan kegiatan Prokasih.  Kali ini kegiatan Prokasih dilakukan di Tukad Cuk Poni.

Kemudian pihaknya juga  memberikan edukasi dan sosialisasi masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai dan ikut menjaga bebersihan. Terutama masing-masing dusun sudah swakelola sampah.

“Dengan langkah yang dilakukan kami harapkan kebersihan dapat ditingkatkan dan mencegah terjadinya banjir saat hujan,” jelas Sada.

Mengingat saat ini masih dalam pandemi, maka dalam kegiatan ini tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes), seperti wajib memakai masker, wajib menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta wajib mencuci tangan dengan sabun. Untuk itu, pihaknya membatasi jumlah warganya yang ikut kegiatan tersebut.

Sementara untuk lebih mengefektifkan kegiatan, pihaknya mengimbau masyarakat untuk menata selokan yang terdapat di depan rumahnya masing-masing.

“Untuk masyarakat agar tetap mentaati protokol kesehatan, sehingga pandemi cepat berlalu, masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa dan perekonomian bisa kembali normal,” harapnya. (030)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.