Genjot 100 Persen TOSS Desa, Bupati Suwirta Bina TPS3R Akah Asri

toss 55555
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat membina TPS3R Desa Akah, Kamis (6/1/2022). (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Guna mengoptimalkan pengelolaan sampah di tingkat desa dan menuju 100 persen Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Desa, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta melakukan pembinaan langsung ke tempat pengelolaan sampah di TPS 3R Akah Asri, Desa Akah, Kecamatan Klungkung, Kamis (6/1/2022).

Sebagai bentuk pembinaan Bupati Suwirta melihat langsung proses pengolahan sampah, termasuk menginventarisir masalah-masalah maupun ketersediaan alat pengolahan sampah di TPS 3R tersebut.

“Pengelolaan sampah tidak mudah dan tidak murah, namun kalau bisa terlewati maka manfaat penanganan sampah ini nantinya ada pada kebersihan dan kesehatan lingkungan,” pesan Bupati Suwirta kepada petugas.

Lebih jauh Bupati Suwirta menegaskan pada intinya pengolahan sampah sangat sederhana, namun diperlukan komitmen dan kesadaran.

“Jadi mari bersama-sama bersatu menjaga komitmen dan tentunya ikut mendukung program TOSS ini dengan baik,” ujar Bupati Suwirta didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung, I Ketut Suadnyana, Camat Klungkung, I Putu Arnawa.

Sementara itu dihubungi terpisah usai kunjungan Bupati Suwirta ke TPS3R , Kadis DLHP Klungkung Ketut Suadnyana selaku stake holder terkait perkembangan TPS3R di Kabupaten Klungkung secara keseluruhan sudah maksimal sedang diupayakan penanganannya .

“Untuk perkembangan TPS3R di masing masing desa, sekarang ini ada 3 sumber yang diusulkan melalui Kementerian PUPR, dari Balai Sungai dan Penida, serta dari Gubernur Bali melalui Bapenas,” ujar Ketut Suadnyana memastikan.

Dirinya berharap , semoga tahun 2022 sebagian besar desa desa sudah terpenuhi pengelolaan TOSS nya secara mandiri.

“Untuk itu harapan kami para perbekel sebagai penanggung di masing-masing desa untuk bisa optimalkan TPS3R ini sesuai dengan Pergub 47 tahun 2019,” pungkasnya. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.