Pastikan Keamanan Masyarakat, DLHK Kota Denpasar Kembali Intensifkan Perompesan Pohon

rompes pohon
Petugas DLHK Kota Denpasar saat melaksanakan perompesan di beberapa titik kawasan Kota Denpasar. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Setelah hari libur menyambut tahun baru 2022,  kini masyarakat kembali beraktivitas dan tentunya mobilitas di Kota Denpasar juga meningkat. Sebagai upaya untuk memastikan keamanan masyarakat di jalan raya, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar kembali mengintensifkan perompesan pohon perindang jalan. Perompesan ini dilaksanakan dengan menyasar fasilitas publik di beberapa titik yang tersebar di wilayah Kota Denpasar.

“Dalam memasuki musim penghujan ini tentu sangat berpotensi terjadi angin kencang. Saat musim penghujan beban pohon perindang lebih berat dari biasanya. Sehingga, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan bersama, maka DLHK secara intensif melaksanakan perompesan pohon yang terlalu rimbun,” ujar Kadis DLHK Kota Denpasar IB Putra Wirabawa atau kerap disapa Gustra saat dikonfrimasi, Selasa (4/1/2022).

Bacaan Lainnya

Menurut Gustra, dengan adanya perompesan ini  mampu meringankan beban pohon untuk meminimalisir terjadinya pohon tumbang. Selain untuk meringankan beban dan mencegah terjadinya pohon tumbang, juga sebagai upaya untuk mempercantik wajah kota, sehingga terlihat rapi dan indah.

Pihaknya mengaku DLHK secara rutin melaksanakan perompesan pohon perindang di seluruh ruas jalan Kota Denpasar. Dimana, pihaknya berharap masyarakat turut memberikan informasi tentang lingkungan di sekitarnya, khususnya untuk pohon perindang yang dinilai penting dilakukan perompesan.

Lebih lanjut pihaknya menerangkan, kegiatan ini akan dilakukan secara berkelanjutan. Tentunya juga rutin dilaksanakan pendataan dan pemetaan terhadap kondisi dan usia pohon perindang di Kota Denpasar.

“Sehingga apakah diperlukan penanaman ulang atau cukup dengan perompesan saja. Di DLHK ada 4 regu. Satu regu beranggotakan 8 sampai 10 orang yang rutin tiap hari melakukan pemantauan dan perompesan pohon,” jelasnya.

Saat ini DLHK telah melaksanakan perompesan di beberapa titik yang dilaksanakan secara rutin memasuki musim penghujan. Terlebih Tim DLHK telah melaksanakan mobiling serta mengecek kondisi pohon perindang yang ada di seputaran Kota Denpasar. (030)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.