Dihantam Hujan Deras, Tembok Penyeker SD 3 Bunutin Ambrol

tembok penyeker
Kondisi tembok penyengker SD 3 Bunutin yang ambrol. (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Hujan deras yang terjadi Minggu (2/1/2021) mengakibatkan tembok penyengker SD 3 Bunutin yang berlokasi di Banjar Dukuh, Desa Bunutin, Kecamatan Bangli ambrol. Pasca kejadian aparat desa dan komite sekolah telah turun lakukan pendataan.

Pembina UKS SD 3 Bunutin, I Wayan Suda mengatakan, imbas hujan deras yang terjadi mengakibatkan tembok panyengker sekolah ambrol. Panjang tembok yang ambrol sekitar 7 meter. Pihaknya khawatir jika tidak secepatnya diambil langkah penanganan khawatir tembok panyengker yang panjangnya hampir 25 meter akan ikut tergerus.

Bacaan Lainnya

”Kondisi tanah sangat labil, apalagi lokasi dekat dengan aliran air untuk subak,” ungkapnya, Senin (3/1/2021).

Kata I wayan Suda, di areal dekat tembok penyengker terdapat lubang septic tank, jika sampai ikut tergerus, praktis toilet untuk siswa dan guru tidak bisa difungsikan. ”Kami berharap segera diambil langkah perbaikan,” ujarnya.

Selain itu I Wayan Suda juga menyinggung posisi bangunan sekolah yang berada di bawah menyebababkan setiap turun hujan halaman sekolah tergenang air yang datang dari atas yang merupakan lahan persawahan.

”Perlu dibuat senderan sehingga rembesan air dari atas tidak meluber ke halaman sekolah dan ini sudah sempat disampaikan namun belum terelisasi,” sebut salah seorang guru.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bangli, Komang Pariartha mengatakan pihaknya sudah mengecek lokasi ambrol tembok penyengker. Pasca kejadian tersebut pihak sekolah diminta untuk membuat saluran air, sehingga air tidak menggenang. Juga membersihkan tumpukan pasir di lokasi ambrol tembok tersebut.

Selain itu agar dibuat tanda agar siswa dapat menjaga jarak. Mengingat titik ambrol rawan dan dapat membahayakan warga sekolah. “Kondisi sekolah dekat saluran air,” ujarnya.

Sekolah juga diminta melaporkan ke BPBD Bangli. Kasus serupa sempat terjadi di sekolah di wilayah Kecamatan Tembuku. Kerusakan yang terjadi diupayakan dilakukan perbaikan dengan segera.

“Kami sudah koordinasikan, Mudah-mudahan bisa dialokasikan anggaran tahun ini,” ujarnya. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.