Cegah Klaster Tahun Baru Covid-19, Polsek Blahbatu Amankan Objek Wisata

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
polsek blahbatu
Personel Polsek Blahbatu, Gianyar amankan objek wisata pantai. (ist)

GIANYAR | patrolipost.com – Kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di Kabupaten Gianyar, Bali saat pergantian tahun relatif sepi dibandingkan sebelum pandemi Covid-19. Namun Polres Gianyar dan jajaran tetap menurunkan personelnya melakukan pemantauan untuk mencegah munculnya klaster libur Tahun Baru Covid-19.

Seperti dilakukan Polsek Blahbatu, Sabtu (1/1/2022) menurunkan belasan personel ke sejumlah objek wisata pantai. Dipimpin Wakapolsek AKP I Made Sunarta, sejak pagi personel melakukan pemantauan dan pengamanan di objek wisata pantai, yakni Pantai Masceti, Sukaluwih dan Panta Cucukan.

Bacaan Lainnya

“Dalam masa pandemi ini tentunya penerapan Prokes tetap menjadi prioritas. Kehadiran personel selain mengamankan wisatawan berlibur, sekaligus mencegah kerumunan,” ujar Wakapolsek.

Menurutnya, walaupun kunjungan wisatawan tidak begitu ramai dan didominasi wisatawan domestik (Wisdom), namun pihak Kepolisian tetap memberikan atensi guna mencegah penyebaran Covid-19.

Terpisah, Kapolsek Blahbatuh Kompol I Ketut Suharto Giri SH MH seizin Kapolres AKBP Made Bayu Sutha Sartana SIK menjelaskan, pengamanan liburan Tahun Baru menindaklanjuti perintah pimpinan. Selain mencegah munculnya gangguan Kamtibmas, yang lebih penting lagi adalah mencegah potensi penyebaran Covid-19.

Ketut Suharto mengakui bahwa jumlah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata pantai di wilayah hukum Polsek Blahbatu relatif sepi. Hal itu disebabkan sejumlah aturan yang dikeluarkan pemerintah terkait perayaan Tahun Baru untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Namun kami dari Kepolisian tidak mau abai, sebab mencegah terjadinya kerumunan merupakan salah satu cara untuk menekan penularan Covid-19. Kami melakukan pengamanan sekaligus menyampaikan imbauan kepada masyarakat agar tetap disiplin menjalankan Protokol Kesehatan yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan,” tegasnya.

Selain mengamankan objek wisata pantai, jajaran Polsek Blahbatu juga melakukan pengamanan dan pemantauan Prokes di pasar tradisional dan pasar modern. Pemantauan dilakukan di Pasar Tradisional Yadnya Blahbatu, kemudian dilanjutkan ke pasar modern yang ada di beberapa desa di wilayah Kecamatan Blahbatu.

Dalam pelaksanaannya, personel Polsek Blahbatu melaksanakan Patroli Dialogis, melakukan pemeriksaan terhadap sarana Prokes di pasar tradisional, pasar modern dan pertokoan. Kepada pemilik toko dan pengunjung, personel polisi memberikan imbauan agar selalu menerapkan Prokes dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan tidak berkerumun.

“Selain itu personel juga membagi-bagikan masker serta melakukan edukasi mencuci tangan. Dari hasil pemantauan, kesadaran masyarakat menjalankan Prokes sudah tinggi,” tutup Kompol Ketut Suharto. (zar)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *