Hari Suci Siwaratri, Pemkot Denpasar Gelar Persembahyangan Bhakti di Pura Agung Jagatnatha

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
walikota sembahyang
Walikota Jaya Negara bersama pemedek melaksanakan persembahyangan bersama Bhakti Siwaratri di Pura Agung Jagatnatha. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Hari Siwaratri yang jatuh setiap tahun sekali dimaknai sebagai hari suci bagi seluruh umat Hindu. Pada hari suci Siwaratri, Pemerintah Kota Denpasar menggelar persembahyangan bersama Bhakti Siwaratri di Pura Agung Jagatnatha, Sabtu (1/1/2022). Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat.

Hadir dalam kesempatan tersebut Walikota Denpasar IGN Jaya Negara didampingi Istri Ny Sagung Antari Jaya Negara, Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Sekda Denpasar IB Alit Wiradana, Asisten I Made Toya, Kabag Kesra Raka Purwantara serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan  Dewa Gede Rai serta beberapa pimpinan OPD bersama pemedek yang tangkil.

Bacaan Lainnya

Meskipun di masa pandemi, persembahyangan Siwaratri kali ini dipuput oleh Ida Pedanda Istri Mayun Keniten Griya Sari Tegal Denpasar. Sebagai pelengkap upacara juga turut dilaksanakan pengilen wali diantaranya Rejang Sari dan Rejang Renteng dari WHDI Denpasar Selatan, Kidung dan Wayang Lemah.

Walikota Denpasar IGN Jaya Negara mengatakan, persembahyangan hari suci Siwaratri memang agenda rutin dilaksanakan Pemkot Denpasar setiap tahunnya.

“Namun perayaan hari suci Siwaratri kali ini memang dilaksanakan secara lebih sederhana dengan benar-benar menerapkan Protokol Kesehatan karena masih dalam masa pandemi Covid-19, namun tidak mengurangi makna dari perayaan hari suci Siwaratri tersebut,” kata Jaya Negara.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk mencegah klaster-klaster baru penularan virus Covid-19 sehingga persembahyangan kali ini sangat ketat menerapkan Prokes, seperti membatasi jumlah pemedek, wajib menggunakan masker dan tetap menjaga jarak serta panitia menyediakan tempat mencuci tangan kepada para pemedek.

Selain itu, Jaya Negara berharap perayaan hari suci Siwaratri kali ini dapar menjadi momentum meningkatkan Srada Bhakti kepada Ida Sanghyang Widi Wasa. Terutama dalam menyatukan hati dan pikiran untuk menanggulangi penyebaran Covid-19. (030)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *