Bupati Hery Nabit Resmikan Pompa Hydran Kodim 1612/Manggarai di Beokina

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
bupati manggarai hidran
Bupati Hery Nabit bersama Dandim 1612 Manggarai, Letkol Kav Ivan Alfa saat peresmian Pompa Hydran Kodim 1612/Manggarai tahap III Kodam IX Udayana di Dusun Beokina. (ist)

RUTENG | patrolipost.com – Bupati Manggarai Herybertus GL Nabit SE MA meresmikan Pompa Hydran Kodim 1612/Manggarai tahap III Kodam IX Udayana di Dusun Beokina, Desa Golo Langkok, Kecamatan Rahong Utara, Kamis (30/12/2021).

Pompa Hydran adalah memanfaatkan sumber tenaga yang berasal dari gravitasi air dan tidak menggunakan listrik, ramah lingkungan dan bisa memindahkan air dari dataran rendah ke dataran lebih tinggi.

Bacaan Lainnya

Dandim 1612 Manggarai, Letkol Kav Ivan Alfa menjelaskan bahwa kegiatan peresmian pompa hidran ini merupakan salah satu dari program Pangdam IX Udayana melalui Kodim-Kodim di jajarannya, diantaranya melalui Kodim Manggarai.

Tujuan program ini untuk membantu kesulitan masyarakat dalam memperoleh air bersih. Harapannya, dengan adanya pompa hydran bisa membantu pemerintah daerah dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Hingga kini sebanyak 256 Pompa hydran yang telah terpasang di wilayah Bali-Nusra, sementara untuk wilayah Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur, total 9 pompa hidran yang sudah dipasang oleh Kodim 1612 Manggarai.

“Kami berharap dengan adanya program ini tentunya ini bisa dilestarikan. Apabila ada kerusakan bisa langsung hubungi tim teknisi kami. Ke depannya, kalau ini bisa diterima oleh warga dan bermanfaat bagi warga, silakan kepala desa dari tiap-tiap wilayah bisa berkoordinasi dengan Kodim untuk kita survei. Apabila ada titik-titik air yang memang dibutuhkan oleh masyarakat,” katanya.

Sementara Bupati Hery mengucapkan terima kasih kepada Pangdam IX Udayana dan Dandim 1612 Manggarai berserta jajaran yang telah membantu masyarakat di Manggarai khususnya Dusun Beokina untuk mengatasi kekurangan air minum bersih melalui program pompa hidran.

“Terima kasih kepada Pangdam IX Udayana dan Dandim 1612 Manggarai, setidaknya kebutuhan masyarakat kami terpenuhi. Terima kasih juga untuk masyarakat Beokina yang telah terlibat dalam menyukseskan program ini,” ujarnya.

Menurut Bupati Hery program itu sangat penting, baik untuk masyarakat maupun pemerintah. Karena pemerintah Kabupaten Manggarai juga bisa belajar, supaya bisa bangun pompa hydran di tempat lain.

Ia berharap agar program pompa hydran akan menjadi contoh ke depan bahwa dalam kerja sama Pemkab Manggarai dan Kodim 1612 Manggarai sudah ada model kerja sama yang baru.

“Kalau selama ini kita selalu kerja sama dalam pembukaan jalan baru, saya kira ke depan kita bisa kerja sama untuk air minum bersih. Bukan karena pembukaan jalan baru tidak penting tapi karena air minum bersih juga sangat penting. Mungkin ada lagi nanti di tempat lain kita kerja sama untuk buat pompa hydran seperti ini,” ujarnya.

Teknologi ini untuk memindahkan air dari dataran lebih rendah ke tempat yang lebih tinggi. Bupati Hery juga berpesan kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga kelestarian lingkungan agar menjamin mata air tetap ada. Tugas pemerintah ke depan, menyiapkan anggaran penghijauan.

“Bangun selalu gampang, yang berat adalah menjaganya. Kalau bisa untuk perawatan kecil-kecil, desa ikut sudah. Jangan sampai kalau ada rusak sedikit langsung ke Kodim,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Manggarai, Kepala Bapelitbangda Kabupaten Manggarai, Camat Rahong Utara, Kepala Desa Golo Langkok, dan masyarakat Dusun Beokina. (pp04)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *