Tuntaskan Garis Kemiskinan, Bupati Suwirta Evaluasi Bantuan RS Rutilahu

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
bantuan 1111
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta melakukan evaluasi bantuan RS Rutilahu Desa Aan dari Kemensos RI, Rabu (29/12/2012). (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Meskipun sempat diguyur hujan tidak menyurutkan semangat Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta untuk melakukan evaluasi proses pengerjaan Program Bantuan Sosial RS Rutilahu dari Kementerian Soasial RI di Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Rabu (29/12).

Kegiatan evaluasi bantuan ini merupakan kegiatan perdana yang dilakukan di penghujung tahun 2021 yang bertujuan untuk menuntaskan garis kemiskinan di Kabupaten Klungkung.

Seperti diberikan sebelumnya bahwa program bantuan sosial ini berupa rehab rumah sebesar Rp 4 miliar untuk 200 kepala keluarga (KK). Di mana masing-masing KK mendapatkan bantuan sebesar Rp 20 juta.

“Jadi fokus saya hari ini turun untuk mengevaluasi bedah desa khusus evaluasi kemiskinan. Nah, kebetulan di Desa Aan ini ada 20 KK yang diberikan bantuan rehab rumah. Saya bersama Kepala OPD terkait sudah langsung melihat proses pengerjaannya. Upaya ini dilakukan agar nantinya setelah rehab rumah ini selesai saya bisa evaluasi lebih lanjut, sehingga suatu saat mereka bisa keluar dari garis kemiskinan,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta juga menambahkan setelah perjalanannya satu persatu ke rumah warga Bupati Suwirta melihat banyak warga yang bisa nantinya keluar dari garis kemiskinan. Hal itu dinilai karena masing-masing penerima bantuan ini mempunyai anak sebagai generasi penerus kedepan. Bupati juga tidak henti-hentinya memberikan rasa semangat kepada masing-masing penerima agar tetap semangat menjalani kehidupan kedepan.

“Saat saya turun hal yang paling pertama saya tanyakan kepada kepala keluarganya yaitu berapa mempunyai anak. Dari sanalah saya tugaskan Perbekel untuk melakukan intervarisir, sehingga kita bisa mengajarkan niat mereka mempunyai prinsip untuk keluar dari garis kemiskinan,” imbuhnya.

Selain itu, Bupati Suwirta menyampaikan bantuan RS Rutilahu ini nantinya akan dikaitkan dengan pemberdayaan. Karena di Desa Aan ini merupakan sentranya madu kele, maka pihaknya akan mengintegrasikan kepada warga penerima bantuan akan dibantu dengan alat-alat untuk budi daya madu kele. Selain diberikan bantuan alat, juga akan dibuatkan koperasi.

“Jadi kesimpulannya ini merupakan kegiatan perdana yang dilakukan di penghujung tahun 2021. Nanti semua desa/kelurahan akan saya kunjungi, tetapi kita utamakan dulu evaluasi bantuan RS-Rutilahu ini. Sebab, program ini merupakan bantuan sosial dari Kemensos RI yang harus diperdayakan di desa. Semoga bantuan ini nantinya selesai tepat waktu dan tentunya dapat bermanfaat bagi masyarakat,” harap Bupati Suwirta.

Sementara Perbekel Desa Aan, I Wayan Wira Adnyana mengatakan masing-masing para penerima bantuan sosial RS-Rutilahu dari Kementerian Sosial RI ini diantaranya Ketut Nasib, Ketut Sarjana, Putu Edi Suryanata, Kadek Ariawan Anak Agung Gede Rai, Ni Made Karini, Ketut Sulendri, I Wayan Sukadana, I Nengah Tantra, I Nyoman Sudiana, Wayan Sumarianta, I Wayan Pastika, I Nyoman Kariasa, Nyoman Ngarta, I Gede Novi Antara dan Anak Agung Gede Putra Antara. Proses pengerjan bantuan rehab rumah ini saat ini sudah dikerjakan dan sekarang tinggal tahap finishingnya saja. Pihaknya juga mengaku akan mengikuti intruksi yang diberikan oleh Bupati Klungkung. (855)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *