Ribuan Siswa Sekolah Dasar Antusias Ikuti Vaksinasi BIN dan Pemkab Mabar

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
vaksin mabar
Seorang siswa didampingi ayahnya saat mendapatkan vaksinasi, Rabu (29/12/2021).

LABUAN BAJO | patrolipost.com – Memasuki hari kedua pelaksanaan vaksinasi masal bagi pelajar dengan usia 6 hingga 11 tahun di Kabupaten Manggarai Barat, tercatat sebanyak 1.400 siswa sekolah dasar yang ada di wilayah Labuan Bajo dan sekitarnya telah menerima vaksin jenis Sinovac.

Pelaksanaan vaksinasi masal ini diinisiasi oleh Badan Intelijen Negara Daerah NTT bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dengan mengambil tempat di Gedung Aula Youth Center, Paroki Roh Kudus Labuan Bajo, 28 – 30 Desember 2021.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat, Paskalina Kusumawati menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat bersama BIN Daerah NTT menargetkan realisasi target penerima sebanyak 4000 siswa sekolah dasar selama pelaksanaan vaksinasi massal ini.

“Sejak launching tanggal 22, hari ini pelaksanaan memasuki hari ketiga. Target kita 4.000 dan yang sudah dilayani hingga kemarin (Selasa, 28/12/2021) itu 1.400. Sampai esok targetnya ada 4.000 anak yang sudah divaksinasi,” ujarnya.

Paskalina juga memberikan apresiasi kepada orangtua murid yang turut memberikan dukungan kepada anak-anak untuk mengikuti program vaksinasi. Dukungan ini menurutnya salah satu upaya bersama mempercepat terciptanya kekebalan komunal.

“Kalau kita lihat ini (orangtua dan siswa) antusias sekali, jadi kami juga sangat mengapresiasi kepada orangtua yang mengantar anaknya ke lokasi vaksin ini karena ini sangat penting peran orangtua untuk memantau kondisi anak setelah di vaksin,” tuturnya.

Hingga hari kedua ini, sejumlah siswa sekolah dasar yang berada di dalam kota Labuan Bajo diakui telah berpartisipasi aktif dalam program percepatan vaksinasi nasional ini. Untuk mengurangi bertumpuknya massa serta tetap mematuhi penerapan Protokol Kesehatan pada saat pelayanan vaksinasi, panitia vaksin membagi jadwal vaksinasi ke setiap sekolah.

Sebelumnya pada Selasa 28 Desember 2021, vaksinasi telah dilakukan untuk anak-anak SDN 1 Labuan Bajo, MIN, SDK St Angela, SDN Lancang, serta SDN Batu Cermin. Sementara pada Rabu 29 Desember 2021, vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun ini menyasar SDK Familia, SDK Wae Medu, SDK St Yosefa, dan SDI Kaper.

Sementara jadwal vaksinasi hari Kamis, 30 Desember 2021, akan menyasar siswa SDN 2 Labuan Bajo, SDN Gorontalo, SDN Wae Mata, SLH, dan SDIT.

Paskalina menjelaskan, pemberian vaksinasi bagi siswa sekolah dasar dalam kota Labuan Bajo akan dilakukan melalui skenario pelayanan vaksinasi massal, sementara bagi sekolah sekolah di luar Kota Labuan Bajo akan dilakukan melalui pelayanan mobile ke setiap sekolah.

“Untuk di lokasi ini akan dilaksanakan sampai esok (Kamis), untuk selanjutnya akan dilaksanakan setelah tahun baru. Itu nanti akan dilaksanakan di seluruh wilayah Kabupaten Manggarai Barat dengan skenario kita pelayanan mobile ke sekolah – sekolah, khusus dalam kota kita skenario pelayanan massal,” jelasnya.

Vaksinasi ini sendiri mendapatkan antusias yang tinggi baik dari para siswa maupun orangtua murid. Pantauan media ini, Rabu (29/12)  ratusan siswa bersama orangtua rela mengantre berjam – jam menunggu untuk mendapatkan jadwal vaksinasi.

“Sedikit sakit waktu divaksin tadi, tapi senang karena sudah divaksin,” ucap Vanesha, seorang siswa.

“Sudah divaksin. Senang sekali. Untuk teman-teman jangan takut divaksin ini untuk buat kita sehat,” ujar Caroline, siswa Sekolah Dasar St Yosefa.

“Kami sebagai orangtua cukup senang ya, karena ini merupakan bagian dari program pemerintah mempercepat program vaksinasi bagi masyarakat. Untuk menanggulangi penyebaran Covid-19 apalagi sekarang ada varian baru Omicron. Dengan adanya program ini dari BIN kami orang tua juga sangat senang karena bisa terlindung dari Covid-19 dan pemerintah juga punya perhatian khusus kepada anak-anak sekolah khususnya di daerah Labuan Bajo ini,” ujar Boni, salah satu orangtua murid yang mendampingi anaknya untuk di vaksin. (334)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *