Masyarakat Kini Sudah Memilah Sampah dari Sumber

plakat 22222
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat serah terima secara simbolis plakat 100 persen Pekerjaan KOTAKU. (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Pekerjaan penanganan masalah sampah kini sudah 50 persen selesai. Masyarakat secara nyata melaksanakan pemilahan sampah dari sumbernya. Hal itu diungkapkan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat menghadiri serah terima secara simbolis plakat 100 persen pekerjaan KOTAKU, SPALD-S dan Pembangunan TPS3R Punduk Dawa, bertempat di Desa Pesinggahan, Selasa (28/12/2021).

Nyoman Suwirta menegaskan, keberhasilan operasional TPS3R di masing masing desa sangat ditentukan oleh komitmen masyarakat memilah sampah dari rumah dan komitmen SDM di TPS3R untuk menyelesaikan pemilahan. Kalau belum ada pemilahan dari sumbernya, niscaya sampah akan menumpuk di TPS3R, yang kemudian akan menyebabkan kegagalan fungsi TPS3R.

“Selengkap dan secanggih apapun alat pengolahan sampah yang tersedia, tidak akan banyak membantu ketika SDM tidak ada rasa tanggung jawab,” tegas Bupati Klungkung.

Bupati Suwirta mengajak para perbekel, perangkat desa dan masyarakat di Kabupaten Klungkung untuk bersama sama menyelesaikan masalah sampah serta mengoptimalkan operasional TPS3R. Para perbekel agar intens koordinasi ke instansi terkait ketika menemukan kendala dan apabila menemukan permasalahan dalam mengelola TPS3R, jangan malu-malu untuk bertanya kepada instansi terkait.

Mengenai KOTAKU, Bupati Suwirta mengharapkan agar bantuan yang sudah diberikan dapat dijaga dan dirawat dengan baik.

“Selalu berkoordinasi apabila menemukan suatu permasalahan kepada instansi terkait di lingkungan Pemkab Klungkung,” imbuh Bupati Suwirta.

Adapun plakat yang diserahkan menggunakan dana dari APBN Tahun Anggaran 2021 antara lain plakat Pembuatan Drainase dan Pavingisasi Jalan Lingkungan BPM Reguler Program KOTAKU sebesar Rp 1 miliar/kawasan yang dilaksanakan di Desa Gunaksa dan Desa Tegak, Plakat Pembangunan TPS3R Punduk Dawa sebesar Rp 600 juta, Plakat Pembangunan Tangki Septik Tank skala Individual Perkotaan sebesar Rp 5 juta/unit sebanyak 115 unit, yang dilaksanakan di Desa Banjarangkan berjumlah 50 unit dan Desa Gunaksa berjumlah 65 unit, serta Plakat Bantuan Stimulan Rumah Swadaya sebesar Rp 20 juta/unit sebanyak 62 unit, yakni berlokasi di Desa Tegak, Kusamba dan Desa Gunaksa dan Asisten Kota (Askot) Mandiri KOTAKU Kabupaten Klungkung Wayan Widiana menyerahkan buku Program KOTAKU kepada Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta serta Bupati Suwirta berkesempatan melakukan penanaman pohon di lokasi TPS3R Punduk Dawa.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung, I Ketut Suadnyana, Kadis Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Kawasan Permukiman Klungkung, I Made Jati Laksana, dan Asisten Kota (Askot) Mandiri KOTAKU Kabupaten Klungkung Wayan Widiana serta undangan terkait lainnya. (855)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.