JNE Berdayakan UMKM dengan Fasilitasi Pemasaran Produk Secara Digital

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
jne ukm
JNE mendukung program pemerintah dalam mewujudkan ekosistem untuk transformasi UMKM masa depan. (maha)

DENPASAR | patrolipost com – UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) sangat merasakan dampak dari pandemi Covid-19. Beberapa pelaku UMKM bahkan terpaksa menutup usahanya karena mengalami kertepurukan yang fatal. Hal ini mendorong JNE, sebagai perusahaan logistik nasional untuk membantu para pelaku UMKM untuk bangkit kembali dan naik kelas.

JNE membuat program-program untuk memfasilitasi pelaku UMKM untuk bisa bersaing dalam memasarkan produknya. Kegiatan itu antara lain, seminar yang berhubungan dengan UMKM, pengenalan digital marketing, pembuatan web dagang, kegiatan CSR, pelatihan packaging yang baik agar mempunyai nilai jual lebih dan juga pelatihan tentang memfoto produk yang baik.

Bacaan Lainnya

Sebagai bentuk kepeduliannya itu, #JNE31tahun juga memberikan edukasi packaging yang baik dan menarik kepada para pelaku UMKM di Klungkung, Bali. Bekerjasama dengan Pemkab Klungkung, JNE menghadirkan pakar packaging untuk memberi cara pelatihan mengemas produk agar diminati konsumen dan mempunyai nilai jual lebih.

“Selama ini mereka produksi, produksi aja tapi yang mengambil produksinya itu pengepul, kemudian dibawa ke Denpasar dan si pengepul melakukan packaging dan itu bisa dijual mahal,” jelas Branch Manager JNE wilayah Denpasar, Alit Septiniwati, Senin (27/12/2021).

Sementara itu di Jembrana, #JNEMajuIndonesia mendapat kesempatan sebagai mitra pemerintah daerah Kabupaten Jembrana untuk jasa kurir antar barang bagi produk-produk UMKM. Selain itu JNE juga mengundang pakar digital marketing untuk pembuatan web dagang sebagai sarana untuk memasarkan produknya.

“Jadi dia tidak harus menjual produknya di marketplace, mereka harus bisa berdiri sendiri, juga bisa memasarkan produknya di media sosial seperti Facebook,” kata Alit.

Alit berharap dengan pelatihan-pelatihan yang diberikan kepada pelaku UMKM akan mendapatkan feedback yang saling menguntungkan. Misalnya, ketika produk sudah diminati pasar, pelaku UMKM akan menggunakan jasa pengiriman dengan JNE.

Selain mengadakan program-program latihan untuk UMKM, JNE juga menyediakan platform Pesona Nusantara atau Pesanan oleh-oleh nusantara yang berbentuk aplikasi. Platform ini sebagai wadah pemasaran  produk UMKM binaan JNE. Produk yang bisa dimasukan ke dalam Pesona Nusantara merupakan produk makanan yang tahan lama.

Untuk bisa memasukkan produk ke Pesona Nusantara, pelaku UMKM harus mengemas produknya dengan bagus dan foto produk yang menarik. (pp03)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *