Gus Adhi Sebut PPS Kertha Wisesa Pencetak Kader Bangsa Berjiwa Patriot dan Setia Kawan

2021 12 27 06 58 42 279
2021 12 27 06 58 42 279

Anggota Komisi II DPR RI, A A Bagus Adhi Mahendra Putra, di Padepokan PPS Kerta Wisesa Ranting Yamuna, Denpasar. 

 

Bacaan Lainnya

 

DENPASAR | patrolipost.com – Disela-sela perayaan HUT ke 16 Perguruan Pencak Silat Kertha Wisesa Ranting Yamuna, Denpasar, Anggota Komisi II DPR RI, A A Bagus Adhi Mahendra Putra, menuturkan Kertha Wisesa Ranting Yamuna, Denpasar telah melaksanakan apa yang tersirat dalam Mars Kerta Wisesa, dimana Kerta Wisesa sebagai organisasi pencetak kader bangsa yang berwatak setia kawan dan sebagai patriot olah raga wajib menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan.

“Jadi garis-garis itu sudah jelas dan tertuang dalam Mars Kertha Wisesa. Selain itu kehadiran Ranting Yamuna mampu mencetak atlit nasional yang akan mewakili Indonesia di jang SEA GAMES 2022 Vietnam,” ujar Ketua Umum PPS Kerta Wisesa tahun 2018 ini, Minggu (26/12/2021) di Padepokan Perguruan Pencak Silat Kertha Wisesa gang Yamuna, Denpasar. Gus Adhi, begitu kerap disapa juga meminta masyarakat pecinta olah raga untuk memberikan dukungannya agar atlit Kertha Wisesa mampu mengharumkan bangsa dan negara serta Bali khususnya.

Gus yang juga Ketua Dewan Pimpinan Daerah SOKSI Provinsi Bali ini berpesan agar jangan berpuas diri, masih banyak yang harus dilakukan, salah satunya yakni dengan melestarikan dan menjaga seni beladiri pencak silat Kerta Wisesa sebagai warisan budaya yang berakar pada kearifan lokal.

Seperti diketahui, Perayaan HUT ke 16 PPS Kerta Wisesa Ranting Yamuna, Denpasar, yang jatuh pada tanggal 26 Desember 2021 kali ini dirayakan secara sederhana dan dibarengi dengan kenaikan tingkat 86 pesilat. Para pesilat tersebut berhak menyandang Sabuk Hitam. Selain itu berbagai atraksi pencak juga ditampilkan oleh pesilat-pesilat muda dengan penuh semangat.

Selaku Ketua Panitia sekaligus Ketua Ranting, Nyoman Merta dalam kesempatan ini mewanti-wanti, seluruh pesilat yang bernaung di ranting Yamuna untuk selalu menjaga kekompakan baik di luar ataupun di dalam.

“Pencak Silat seni beladiri yang mesti dijaga dan dikembangkan, ada nilai-nilai luhur kearifan lokal di dalamnya,” katanya.

Ranting Yamuna menurutnya selama ini sangat eksis. Hal ini ditandai dengan lahirnya atlet dari tingkat desa hingga nasional. Perayaan HUT yang digelar sederhana di tengah pandemi Covid-19 merupakan kesepakatan para anggota serta datangnya dukungan dari orang tua. Bahkan Dalam kondisi Covid -19 para pesilat Ranting Yamuna tetap berlatih dengan mengikuti protokol kesehatan, hal ini juga disetujui oleh orang tua.

“Kami berusaha memberikan yang terbaik bagi bangsa dan daerah seperti halnya, Kadek Adi Budiasta alias Kadek Tomat pesilat Kerta Wisesa Ranting Yamuna yang kini masuk pelatihan nasional di Jakarta untuk mewakili Indonesia di SEA GAMES Vietnam tahun 2022,” ucapnya, seraya menambahkan, rangkaian kegiatan juga dilakukan seperti kegiatan sosial, donor darah dan lainnya.

“Kami berharap 95 pesilat yang kami miliki kedepannya bisa lebih baik, serta lahir lagi atlet-atlet sekelas Kadek Tomat dan ksatria-ksatria yang berguna bagi bangsa dan negara,” pungkas Nyoman Merta yang juga seorang pelatih. (wie)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.