Tari Baris Oncer Ganda Sebagai Garda Kebanggaan Laskar Kerajaan Gelgel

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
tari 1111
Tari Baris Oncer Ganda ditampilkan sebagai Tari Wali di Pura Dalem Pemuteran Banjar Jelantik Kuribatu, Sabtu (25/12/2021). (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Tari Baris Oncer Ganda sebagai garda kebanggaan laskar Kerajaan Gelgel dimasa jayanya Kerajaan Gelgel, mengawal Tari Wali pelaksanaan pujawali Petirtaan di Pura Dalem Pemuteran Banjar Jelantik Kuribatu, Desa Tojan, Klungkung, Sabtu (25/12/2021).

Sebagai wujud bakti laskar berani mati era Kerajaan Gelgel ini, kini diwujudkan sebagai Tari Baris Oncer Ganda. Tari Wali Baris Oncer Ganda menjadi salah satu laskar Gelgel ketika dalem Waturenggong berkuasa di Bali.

Mereka menjadi salah satu pasukan elite bersenjata tombak yang gagah berani dan perkasa dengan kekuatan misterius dalam membentengi Kerajaan Gelgel. Termasuk kemampuannya bisa memenuhi tugas raja untuk menundukkan kerajaan lainnya, sehingga pasukan ini kala itu sangat ditakuti oleh para lawan politik raja.

Dalem waturenggongpun mampu memperluas kerajaannya sampai ke pasuruan, blambangan bahkan sampai ke Makassar. Sekarang cerita kejayaan itu tersaji dalam gerak tari baris oncer ganda sebagai tari wali. Selain sebagai tari wali penampilannya juga untuk mengenang masa kejayaan Laskar Gelgel.

Menurut pengurus Desa Adat Gelgel Made Suryawan yang ngaturan tari wali Baris Oncer Ganda ini Tari Baris Oncer Ganda kini merupakan tari wali kebanggan desa Adat Gelgel . Untuk itu setiap pelaksanaan wali di Pura Dasar Buana, Gelgel, Klungkung ini selalu menampilkan Tari Wali Baris Oncer Ganda.

“Kita sebagai generasi penerus saat ini, perlu mengenang kejayaan kerajaan Gelgel melalui wujud Tari Wali Baris Oncer Ganda ini,” ujar Made Suryawan.

Lebih jauh Made Suryawan menyebutkan nama oncer ganda mempunyai arti Oncer artinya terurai atau megambahan dan Ganda artinya Kulit Jagung. Inilah yang dipasang pada kulit tombak. Kemudian tombak ini dipasupati dan dibantu oleh kekuatan Bala samar ratu gde nusa. Ini membuat kekuatan laskar gelgel oncer ganda ini maha dahsyat .

“Dasyatnya. kemampuan laskar gelgel ini membuat pasukan bersenjata tombak ini paling ditakuti pada zamannya.Kini kita lestarikan kita tampilkan pada pelaksanaan Puja Wali di Pura Dalem Pemuteran ini,” pungkasnya. (855)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *