Bertepatan HUT ke-63 NTT, Menkominfo Resmikan BTS 16 Desa Termasuk di Manggarai

menkominfo ri
Menkominfo, Johnny G Plate. (ist)

RUTENG | patrolipost.com –  Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika Menkominfo RI resmikan pengoperasian Base Transceiver Station (BTS) di Kabupaten Manggarai, termasuk 16 desa pada 16 Kabupaten di NTT yang baru selesai dibangun dan siap dioperasikan. Peresmian dilakukan secara virtual oleh Menteri Kominfo Johnny G Plate.

Informasi dari Dinas Kominfo Manggarai yang diterima wartawan di Ruteng, Manggarai,  Kamis (23/12/2021) menyebutkan, peresmian BTS di di Manggarai dipusatkan di Desa Toe, Kecamatan Reok  Barat bertepatan dengan HUT ke-63 Provinsi NTT.

Bacaan Lainnya

Hadir dalam acara peresmian BTS tersebut, Plt Kadis Kominfo, Karolus Jun, Kabid Ody Jemaat bersama jajarannya, Camat Reok Barat, Quintus Nang, unsur dari Bakti Kominfo, aparat desa setempat, dan masyarakat.

Menteri Johnny G Plate mengatakan, masyarakat 16 desa pada 16 kabupaten di NTT, yang selama ini sulit signal sudah teratasi. Signal yang langsung masuk kategori 4G sehingga akses internet sangat lancar dan cepat seperti di kota-kota.

“Selamat untuk masyarakat yang menikmati pelayanan infrastruktur telekomunikasi ini. Peresmian ini juga seperti hadiah bagi masyarakat yang merayakan HUT ke-63 Provinsi NTT,” kata Menteri asal Flores tersebut.

Selanjutnya Johnny G Plate menjelaskan kemudahan akses digital sangat penting untuk menumbuhkan produktivitas perekonomian masyarakat. Oleh karena itu jaringan internet yang sudah baik semestinya dimanfaatkan secara maksimal.

Lebih lanjut, Menkominfo RI mengatakan, pihaknya terus mendorong perluasan jangkauan konektivitas dan mengentaskan kesenjangan digital di Provinsi NTT khususnya dan Indonesia umumnya. Jumlah BTS akan terus diperbanyak melalui rencana pembangunan 421 BTS di wilayah NTT. Harapannya, pada akhir tahun 2022 seluruh wilayah Indonesia bisa menikmati layanan jaringan konektifitas 4G.

Menteri Johnny mengatakan, pembangunan BTS kiranya menjadi titik bangkit bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat di NTT, melalui penggunaan platform digital dan memberikan multiplayer effect pada berbagai bidang kehidupan masyarakat. Kiranya Gubernur NTT, Pemerintah Kabupaten, dan masyarakat sukses membangun NTT, sukses bersama rakyat melalui hilirisasi pengembangan digital di NTT.

Plt Kadis Kadis Kominfo Karolus Jun mengatakan, peresmian BTS ini menjadi tanda bahwa tidak ada lagi soal dalam mengakses internet atau telepon karena jaringan 4 G sudah masuk di kawasan ini. Signal yang baik ini merupakan jawaban pemerintah atas kesulitan yang dialami publik selama ini.

“Terimakasih Pak Menteri dan Bakti atas upayanya memenuhi kebutuhan digital masyarakat. Terimakasih pula karena tahun ini, dibangun 34 BTS di Manggarai,” katanya.

Camat Reok Barat Quintus Nang berterima kasih kepada tokoh adat dan  pemilik tanah yang menyerahkan tanahnya untuk pembangunan BTS. “Terimakasih banyak atas semua. Terimakasih juga untuk tetua adat dan pemilik tanah yang menyerahkan tanahnya untuk pembangunan BTS. Saya juga minta semua harus jaga infrastruktur yang ada agar tidak rusak,” ungkapnya.

Diketahui untuk pembangunan BTS, di Manggarai terbanyak berada di Kecamatan Reok Barat,  yakni sejumlah 9 unit. Dengan banyaknya BTS ini, maka masalah jaringan internet sudah bisa terpenuhi dengan baik. (pp04)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.