Pemprov Bali Yakin Tahun Depan Ekonomi Pariwisata Membaik

cok ace pen
Wakil gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati dialog Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Rabu (22/12/2021). (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Pergerakan wisatawan domestik ke Bali yang meningkat di akhir tahun 2021, menumbuhkan keyakinan bagi pemerintah Bali bahwa tahun depan pemulihan akan semakin membaik. Keyakinan itu disampaikan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati dengan menyebut tahun 2022 pertumbuhan ekonomi bisa bergerak ke arah positif.

“Aspek pertama dilihat dari tingkat vaksinasi masyarakat Bali yang sangat tinggi, bahkan lebih dari 100%,” kata Cok Ace dalam dialog Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Rabu (22/12/2021).

Bacaan Lainnya

Keyakinan itu juga didukung oleh pertumbuhan tingkat hunian hotel di Nusa Dua, dengan data terakhir mencapai 57,4%. Sejumlah hotel occupancy rate bahkan tembus 80%. Namun, secara rata-rata tingkat hunian kamar hotel masih dibawah 6% berbanding jumlah kamar yang ada di Bali sebanyak 150.000.

Selain itu, industri pariwisata secara ketat melengkapi akomodasinya dengan sertifikat CHSE. Masyarakat juga telah terbiasa dengan prilaku baru dalam menggunakan masker dan penerapan Protokol Kesehatan lainnya.

“Kesiapan yang sudah kita lakukan memberikan keyakinan kepada internasional bahwa Bali siap menerima kunjungan wisatawan yang aman dari penularan Covid-19,” kata Cok Ace.

Dukungan itu juga diperkuat melalui survei bahwa lebih dari 50% masyarakat Eropa ingin berkunjung ke Bali. Secara tidak langsung Bali masih menjadi destinasi favorit.

Hanya saja, menurut Cok Ace, masih ada kendala terkait ketatnya regulasi bagi wisman masuk ke Bali. Hal itu diantaranya dipicu oleh kondisi pandemi Covid-19 di negara asal wisatawan asing.

“Saya sangat berharap, perlu kerjasama semua pihak untuk membangkitkan perekonomian Bali,” kata Cok Ace. (pp03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.