Sukses Gemilang Para Juara di Piala Presiden Esports 2021, Bangkitkan Optimisme Esports Indonesia Berprestasi

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
2021 12 19 23 52 12 570
2021 12 19 23 52 12 570

Para Juara di Piala Presiden Esports 2021.

 

Bacaan Lainnya

 

BADUNG | patrolipost.com – Rangkaian babak grand final Piala Presiden Esports 2021 yang diselenggarakan sejak Jumat (17/12/2021) hingga Minggu (19/12/2021) di Mangupura Hall, Bali International Convention Center, Nusa Dua, Bali berlangsung sukses. Sebanyak tujuh cabang game yang dipertandingkan telah melahirkan juara dan membawa pulang trophy Piala Presiden Esports dan hadiah dengan total sebesar Rp 2 miliar.

Deputi II Bidang Pembangunan Manusia, Kantor Staf Presiden (KSP), Abetnego Tarigan, dalam closing ceremony Piala Presiden Esports 2021 menuturkan bahwa turnamen olahraga elektronik kasta tertinggi di Indonesia ini merupakan upaya dari pemerintah untuk membangun ekosistem esports yang lebih kuat. Pemerintah melihat, pengembangan ekosistem esports di masa mendatang merupakan hal yang mutlak guna memaksimalkan potensi yang ada, khususnya sumber daya manusia.

“Dari sisi penyelenggaraan, Piala Presiden Esports secara statistik selalu mengalami peningkatan, baik dari jumlah atlet dan maupun juga penikmat olahraga elektronik ini. Bagi kami ini menunjukkan suatu keadaan yang membanggakan. Mudah-mudahan di tahun depan, kami bisa mengadakan Piala Presiden Esports dengan lebih inclusive,” ujar Abetnego dalam Konferensi Pers Penutupan Piala Presiden Esports 2021, di Nusa Dua, Bali, Minggu (19/12/2021).

Lebih lanjut, Abetnego suksesnya penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2021 dapat menjadi katalis positif guna meningkatkan prestasi para atlet agar mampu mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. “Seperti yang diutarakan Pak Moeldoko dan Pak Sandiaga beberapa hari kemarin di sini, semoga suksesnya penyelenggaraan PPE 2021 bisa membawa motivasi bagi para atlet-atlet esports kita agar berprestasi di ajang yang lebih tinggi seperti SEA Games mendatang dan berbagai kejuaraan level dunia lainnya,” Abetnego melanjutkan.

Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden Esports 2021, Rangga Danu Prasetyo, menuturkan, berbagai capaian telah berhasil diraih sepanjang penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2021, bahkan di antaranya melebih target yang ditetapkan. Dari sisi jumlah peserta, tercatat lebih dari 130 ribu atlet esports telah berlaga sejak awal fase turnamen Piala Presiden Esports 2021 yang dimulai pada 9 Oktober yang lalu.

“Sementara dari sisi penonton, Piala Presiden Esports 2021 disaksikan oleh lebih dari 88 juta viewer. Angka ini jauh di atas target kami sebesar 50 juta penonton. Untuk itu, kami berharap kejuaraan ini bisa terus digelar setiap tahun sehingga dapat menjadi wadah dalam mencari dan melahirkan bibit atlet baru dan potensial,” Rangga menguraikan.

Sementara BCA selaku sponsor Piala Presiden Esports 2021 memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para atlet yang telah berjuang keras untuk meraih prestasi di ajang ini. Kepada para juara, Senior Vice President BCA, Norisa Saifuddin, mengucapkan selamat dan berpesan agar terus memotivasi diri guna mendapatkan prestasi yang lebih tinggi di masa mendatang.

“Kami mengucapkan selamat para pemenang. Capaian positif selama Piala Presiden Esports 2021 dengan kehadiran dua game lokal menunjukkan bahwa semakin banyak wadah anak muda untuk berkompetisi. Lebih luas lagi, esports banyak memberikan nilai-nilai positif, menumbuhkan profesi baru, dan meluruhkan stigma negatif terhadap game online. Semoga esports Indonesia semakin maju, dan game lokal bisa makin mendunia,” tutur Norisa.

 

Hari Terakhir Munculkan Para Juara Baru

Pada hari terakhir babak grand final, Minggu (19/12), keseruan tersaji di partai final tiga cabang game yang tersisa yakni Battle of Satria Dewa, Mobile Legends: Bang-Bang dan PUBG Mobile. Seluruh tim yang bertanding mengerahkan segenap kemampuan guna menyegel gelar juara di ajang esports paling bergengsi di Indonesia ini.

Tim Dewa United sukses memboyong dua gelar juara sekaligus di cabang game Lokapala dan Battle of Satria Dewa. Setelah kemarin (18/12/2021) menjadi kampiun di cabang game Lokapala, hari ini (19/12/2021) Dewa United mengandaskan Garuda Wisnu Esports Academy dengan skor 13-7 di game Battle of Satria Dewa.

“Kunci kemenangan terletak pada strategi yang kami buat untuk mengalahkan lawan, dan bisa dieksekusi dengan baik. Lawan punya strategi yang cukup baik, tapi eksekusinya kurang baik,” ujar Wiko Kuswandi, dari Dewa United dalam sesi jumpa pers usai pertandingan.

Berlanjut ke game selanjutnya yakni Mobile Legends Bang-Bang yang mempertemukan Aura Fire versus Alter Ego. Dalam skema pertandingan lima ronde, Aura Fire tampil dominan dan keluar sebagai juara dengan skor telak 3-1 dan membawa pulang hadiah utama sebesar Rp 120 juta. Selain gelar juara, punggawa Aura Fire yakni Erico juga meraih titel Most Valuable Player (MVP) alias pemain terbaik dan berhak membawa pulang hadiah sebesar Rp 10 juta.

“Saya baru merasakan kemenangan yang sebenarnya, setelah tadi keluar jadi juara. Karena kami sangat bekerja keras hingga sampai di titik ini. Kunci kemenangan kami adalah percaya satu sama lain dan juga menentukan strategi sesuai dengan Analisa terhadap lawan,” tutur pemain dengan nickname ‘God1va’ ini.

Sementara itu, di cabang game pamungkas, yaitu PUBG Mobile, tim esports RRQ RYU berhasil menjadi kampiun setelah di klasemen akhir mengungguli tim EVOS Reborn dan Victim 4b Nd hingga putaran ke 10, dan berhak membawa pulang Piala Presiden Esports beserta hadiah utama sebesar Rp 120 juta.

Berikut data seluruh Pemenang Piala Presiden Esports 2021:
*eFootball PES:
– Juara I : Mohamad Akbar Paudie (Rp 50 juta)
– Juara II : Rommy Hadiwijaya (Rp 15 juta)
– Juara III : Mochamad Sigit Pambudi (Rp 8 juta)
– Juara IV : Haerul Wibowo (Rp 8 juta)
– MVP : Mohamad Akbar Paudie (Rp 10 juta)

*Lokapala:
– Juara I : Dewa United Esports (Rp 120 juta)
– Juara II : Vi Dronis (Rp 50 juta)
– Juara III : Zero Esports (Rp 15 juta)
– Juara IV : Jeet Esports (Rp 15 juta)
– MVP : Siam (Dewa United Esports) (10 juta)

*Free Fire:
– Juara I : ECHO ESPORTS (Rp 120 juta)
– Juara II : KINGS ESPORTS (Rp 60 juta)
– Juara III : EVOS DIVINE (Rp 40 juta)
– Juara IV : THE PILLARS GLADIUS (Rp 30 juta)

*MPL Speed Chess:
– Juara I : Leo Lucki Prasetyo (Rp 100 juta)
– Juara II : Kosasih (50 juta)
– Juara III : Yunias Yunus Hendrik (Rp 25 juta)
– Juara III : Taufik (Rp 25 juta)

*Battle of Satria Dewa:
– Juara I : Dewa United Esports (Rp 35 juta)
– Juara II : Garuda Wisnu E-Sport Academy (Rp 15 juta)

*Mobile Legends: Bang-Bang:
– Juara I : Aura Fire (Rp 120 juta)
– Juara II : Alter Ego (Rp 60 juta)
– Juara III : RRQ (Rp 20 juta)
– Juara IV : Bigetron Alpha (RP 20 juta)
– MVP : God1va (Rp 10 juta)

*PUBG Mobile:
– Juara I : RRQ Ryu (Rp 120 juta)
– Juara II : Evos Reborn (Rp 50 juta)
– Juara III : Victim 4b Nd (Rp 40 juta)
– Juara IV : Bonafide Esports (Rp 30 juta)
– MVP : RRQxNerpehk0 – RRQ RYU (Rp 10 juta)

Tentang Piala Presiden Esports
Piala Presiden Esports merupakan kompetisi esports hasil kolaborasi antara Kantor Staf Presiden, Kantor Staf Presiden RI (KSP), Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan PB Esports Indonesia (PBESI), serta sepenuhnya dikelola secara profesional oleh instansi swasta, yang bernama PT GAJAH MERAH TERBANG. Kompetisi Piala Presiden Esports 2021 diselenggarakan untuk menemukan serta membina talenta-talenta baru di bidang esports agar dapat berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Dihelat pada 9 Oktober (Kick Off) dan Grand Final diadakan pada 18-19 Desember 2021 di Bali. Piala Presiden Esports 2021 hadir dengan membawa kembali Mobile Legends: Bang-Bang. Game besutan Moonton ini merupakan cabang utama pada gelaran Piala Presiden Esports 2019 lalu. Melihat kesuksesan di tahun lalu, eFootball PES 2021 juga kembali dihadirkan dengan format kompetisi yang sama seperti sebelumnya, yakni sistem regional dan profesional.

Tidak hanya itu, PUBG Mobile yang merupakan genre Battle Royale ternama juga ikut hadir mewarnai gelaran tahun ini. Dengan format yang sama, para peserta akan dibagi dalam kualifikasi regional untuk menentukan siapa yang berhak maju ke babak Grand Final Piala Presiden Esports 2021.

Demi memajukan industri game lokal, Piala Presiden Esports 2021 juga akan menggelar cabang Lokapala. Piala Presiden Esports 2021 akan terus membawa semangat ini sama seperti gelaran tahun sebelumnya yang menjadikan game lokal Ultra Space Battle Brawl sebagai cabang eksebisi.

Tentang PT Gajah Merah Terbang
PT Gajah Merah Terbang adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pemrograman komputer / piranti lunak dan jasa periklanan / promosi industri digital, online marketing, media online KINCIR dengan alamat www.kincir.com (“situs”).

Tentang Kincir.com
KINCIR adalah jaringan multikanal yang menyediakan beragam konten seputar film dan game untuk kalangan anak muda. Dengan berbagai konten menarik yang dihadirkan oleh para kreator muda dan berbakat setiap harinya, KINCIR siap menjadi sumber referensi yang aktual dan faktual bagi para pencinta sinema dan video game. Berbagai konten yang menghibur sekaligus inspiratif dituangkan melalui beberapa kanal dari KINCIR.

Tentang PT Bank Central Asia Tbk
BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Juni 2021, BCA melayani lebih dari 26 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 41 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.013 kantor cabang, 17.721 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam.

Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

Tentang Blibli
Blibli didirikan tahun 2011, merupakan perusahaan e-commerce terkemuka buatan Indonesia yang memimpin dalam solusi omnichannel dan diperkuat ekosistem teknologi serta bisnis menyeluruh yang mencakup B2C, B2B, B2B2C, dan B2G. Blibli sebagai mal online menawarkan berbagai macam produk yang terbagi dalam 20 kategori, mulai dari kebutuhan primer, elektronik, hingga keperluan gaya hidup lainnya, dan didukung oleh lebih dari 100.000 mitra usaha. Dalam memastikan distribusi barang yang cepat ke seluruh Indonesia, Blibli memiliki 15 gudang barang dan 30 hub yang berlokasi di kota-kota besar di Indonesia serta didukung armada pengiriman yang dimiliki, BES, dan juga bekerjasama dengan 25 mitra logistik. Blibli terus berusaha memberikan pengalaman berbelanja terbaik melalui berbagai inovasi layanan yang terintegrasi secara omnichannel dengan visi menjadi perusahaan e-commerce nomor satu dengan kepuasan pelanggan terbaik di Indonesia. Blibli juga menerima pembayaran melalui kartu kredit internasional dan domestik, bersama 22 partner bank untuk cicilan. (wie)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *