TP PKK Klungkung Mantapkan Pelatihan Saus Tomat dan Cabai

saos 2
TP PKK Klungkung menggelar pelatihan membuat saos tomat dan cabai. (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Kebun hatinya TP PKK Kabupaten Klungkung sebagai tempat belajar untuk para kader mencoba membuat produk turunan dari pada hasil pertanian terutama menyangkut masalah tomat dan cabai. Dikarenakan tomat dan cabai merupakan komoditi pokok pertanian di Kabupaten Klungkung. Hal ini terlihat saat TP PKK Klungkung memantapkan dan mematangkan pelatihan saus tomat dan saus cabai di Kebun Hatinya PKK Klungkung TOSS Center Karangdadi, Kusamba, Jumat (17/12/2021).

Hadir langsung Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta memberikan semangat dan mendorong produk ini hingga lebih baik. “Inovasi yang dibuat oleh PKK Kabupaten Klungkung berupa saus tomat dan saus sambal yang mengolah tomat dan cabai akan menjadi produk turunan serta mampu melakukan pemberdayaan keluarga dan menigkatkan pendapatan serta membuat harga tomat dan cabai bisa stabil. Produk turunan ini selanjutnya mampu masuk pasar tradisional dan modern,” ujar Bupati Suwirta

Lebih lanjut pelatihan sebelumnya sudah mendatangkan BPOM untuk mengisi pengawet secukupnya sehingga produk ini mampu bertahan selama enam bulan. Setelah berhasil ini, akan masuk dalam kemasan dengan izin P-IRT, izin SNI dan izin edar maka produk ini akan bebas masuk ke pasar modern. “Disinilah nanti TP PKK Klungkung menunjukan kelasnya, dan tidak hanya sekedar latihan, tetapi mampu membuat pemberdayaan yang nantinya mensejahterakan anggotanya agar lebih menjadi sejahtera dalam membuat produk turunan. Jadi berbanggalah kita di klungkung dengan TP PKK yang terus berinovasi dan terus bergerak menghasilkan sebuah produk,” semangat bupati Suwirta di hadapan kader PKK Klungkung.

Sementara, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Klungkung, Ny Ayu Suwirta menjelaskan, TP PKK Klungkung sudah lebih awal melakukan petatihan kader dari tingkat Kecamatan, Kelurahan sampai ke tingkat desa dan hari ini melakukan pelatihan puncak di Kebun PKK Karangdadi. “Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan perayaan hari ibu tahun 2021 dan berharap produk ini berjalan hingga bisa masuk ke pasar modern,” harap istri orang nomor satu di Klungkung ini. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.