Banjir Lahar Dingin Semeru Terjang 5 Dusun

banjir 55555
Banjir lahar dingin Gunung Semeru menerjang 5 dusun di 2 kecamatan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (16/12/2021). (ist)

SURABAYA | patrolipost.com – Hujan deras selama 4 jam di lereng Gunung Semeru membuat warga panik. Mereka takut banjir lahar dingin terus besar dan merendam pemukiman di 5 dusun di 2 kecamatan Kabupaten Lumajang, Kamis (16/12/2021).

Warga sempat panik karena banjir lahar dari luapan Sungai Besuk Kobokan, meluber ke pemukiman warga dan jalan-jalan desa. Bahkan hingga ke lahan-lahan pertanian.

5 Dusun yang terdampak banjir lahar dingin yakni Dusun Gondeli, Kamar Kajang dan sekitar Dusun Renteng di Desa Sumber Wuluh, dan di Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo di Dusun Kajar Kuning dan Curah Kobokan.

Rifai, warga Desa Sumber Sari mengatakan sejak erupsi banyak material abu vulkanik terbawa banjir, Akhirnya material-material itu memenuhi jalan.

“Sejak erupsi dengan membawa awan panas guguran Gunung Semeru, banyak material abu vulkanik dan membuat aliran sungai pembuangan lahar dari Gunung semeru dangkal. Akhirnya setiap hujan deras membuat banjir lahar dingin meluber ke perkampungan warga dan jalan desa, jadi selalu waspada,” ujar Rifai.

Hal senada diungkapkan Mutmainah, warga Desa Supit Urang. Dia mengaku memilih pergi ke tempat aman dan rumah dikunci.

“Jadi setiap hujan deras memilih pergi dan mencari lokasi yang aman,” tegas Mutmainah.

Hujan deras mulai pukul 12.00 WIB di lereng Semeru berhenti pukul 16:40 WIB. Warga dibantu petugas dari Basarnas kerja bakti dengan menurunkan 7 alat berat untuk mengeruk material dan untuk membuat tanggul dan aliran baru arus banjir lahar dingin. (305/dtc)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.