Diskes Gianyar Mulai Vaksin Anak Usia 6-11 Tahun

vaksinasi anak gianyar
Vaksinasi anak 6-11 tahun di SDN 1 Gianyar, Rabu (15/12/2021). (hms)

GIANYAR | patrolipost.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gianyar, Bali, melalui Dinas Kesehatan (Diskes), hari ini Rabu (15/12/2021) mulai pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun. Ada 40.787 anak sasaran vaksinasi yang pelaksanaannya di sejumlah sekolah di setiap kecamatan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya mengungkapkan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun sesuai dengan keputusan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tentang pelaksanaan vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) bagi anak usia 6 sampai 11 tahun.

Bacaan Lainnya

Sekda Wisnu Wijaya menyebutkan sasaran vaksin sebanyak 40.787 anak yang terdiri dari 21.031 anak laki-laki dan 19.756 anak perempuan yang tersebar di 289 sekolah dasar atau madrasah yang ada di wilayah Kabupaten Gianyar. Periode pertama ini pelaksanaannya dilakukan di sekolah-sekolah mulai tanggal 15 sampai dengan 28 Desember 2021.

“Pelaksanaannya periode pertama tanggal 15 sampai 28 ini di sekolah-sekolah SD atau pelaksanaannya berbasis sekolah. Kemudian periode kedua setelah tanggal 28 akan dilaksanakan vaksinasi susulan bagi anak yang belum divaksin pada periode pertama yang dilaksanakan di seluruh Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Gianyar,” ujarnya, saat meninjau kick off vaksinasi anak di SD N 1 Gianyar, Rabu (15/12/2021).

Selain itu juga ada pelayanan rujukan bagi anak dengan keadaan khusus yang akan dilayani di RSUD Sanjiwani Gianyar dan RSU Payangan.

“Untuk hari ini sasaran vaksin kita di Kabupaten Gianyar sebanyak 8.148 anak-anak yang tersebar di 47 sekolah dasar,” sambungnya.

Demi tercapainya target vaksin, Sekda Wisnu Wijaya mengharapkan peran serta orangtua untuk memberi semangat dan motivasi kepada anak-anak untuk melaksanakan vaksinasi karena umur 6-11 masih memiliki rasa takut.

Wisnu Wijaya menerangkan, capaian vaksin dosis pertama di Kabupaten Gianyar telah mencapai angka 90, 065%, vaksin remaja mencapai 103,129%. “Untuk vaksin remaja kita sudah melampaui karena kemarin kita sasar sekolah-sekolah dimana mungkin dulu anak didik kita ada yang berasal dari luar Gianyar. Yang perlu ada peningkatan adalah vaksin lansia, kita dalam proses mengejar target dan sekarang berada pada posisi 68,195%,” pungkasnya.

Sementara itu pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun berlangsung di SDN 1 Petulu Banjar Kutuh Kelod Desa Petulu, Kecamatan Ubud, Gianyar. Sebanyak 540 anak yang terdiri dari siswa 4 Sekolah Dasar (SD) yang ada di Desa Petulu, mengikuti kegiatan ini. Belasan Vaksinator dari Puskesmas Ubud I menyuntik para siswa ini menggunakan vaksin jenis Sinovac.

“Percepatan vaksinasi nasional dapat membantu negeri ini untuk keluar dari pandemi Covid-19. Selain itu akan mengembalikan situasi bangsa Indonesia, khususnya Bali di mata dunia, sehingga diharapkan perekonomian kembali normal,” ujar Kapolsek Ubud AKP I Made Tama SH yang menerjunkan personelnya mengamankan kegiatan ini.

Menurut Kapolsek, peran masyarakat sangat vital dalam memutus mata rantai penularan Covid-19 (risiko tertular dan menularkan). Salah satunya dengan mengikuti vaksinasi karena dengan vaksin akan terbentuk kekuatan imun tubuh untuk melawan virus, serta tetap disiplin menerapkan Protokol Kesehatan 3 M (memakai masker, menjaga jarak serta mencuci tangan). (zar)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.