Gempa 7,5 M Guncang Larantuka, Terasa hingga Makassar dan Pulau Selayar

gempa larantuka
Peringatan dini tsunami BMKG dan suasana kepanikan di Larantuka, NTT. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Gempa bumi berkekuatan 7,5 magnitudo (M) mengguncang wilayah Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Gempa yang berlokasi di 112 km Barat Laut Larantuka NTT ini berpotensi tsunami, getarannya terasa di Makassar dan Pulau Selayar dan kota lainnya di Sulawesi.

Di Makassar gempa terasa pukul 10.20 Wita membuat masyarakat yang berada di gedung-gedung berhamburan ke luar.  Selanjutnya warga berkumpul di tempat terbuka. Gempa pertama berlangsung sekitar 1 menit.

Bacaan Lainnya

Sekitar pukul 10.47 Wita terjadi gempa susulan dengan kekuatan 5,5 magnitudo (M). Hingga pukul 12.30 Wita, karyawan yang bekerja di Gedung-gedung tinggi masih berkerumun di tempat terbuka karena khawatir terjadi gempa susulan.

Sementara itu gempa juga dirasakan masyarakat Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan. Beberapa bangunan runtuh, warga dikumpulkan di halaman kantor Polsek dan Koramil. Dampak gempa paling parah terjadi di bagian Selatan Pulau Selayar. Namun sejauh ini belum ada laporan adanya korban jiwa.

Saat ini warga bersiap menuju tempat-tempat ketinggian untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi tsunami sesuai dengan peringatan dini BMKG.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi tsunami pasca gempa Larantuka di sejumlah daerah di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ada 4 wilayah yang diprediksi akan dilanda tsunami sehingga berstatus Waspada yakni Flores Timur Bagian Utara dengan estimasi tsunami tiba pukul 10.20.22 WIB, Pulau Sikka (NTT) dengan estimasi pukul 10.20.22 WIB, Sikka Bagian Utara dengan estimasi pukul 10.20.22 WIB, dan Pulau Lembata (NTT) dengan estimasi pukul 10.36.37 WIB.

Namun hingga pukul 12.00 WIB, belum ada laporan adanya gelombang tsunami di wilayah tersebut. Warga masih berada di luar rumah dan sebagian menuju daerah pebukitan sebagai langkah antisipasi bila tsunami memang terjadi. (087)

Berdasarkan laman bmkg.go.id yang diakses Selasa (14/12/2021) pukul 10.34 WIB, BMKG mengeluarkan daftar daerah yang berpotensi tsunami berdasarkan pemodelan kota/kabupaten (provinsi). Berikut ini daftar daerah berpotensi tsunami dampak gempa Larantuka, NTT.

Daerah yang Berpotensi Tsunami Berdasarkan Pemodelan Kota/Kabupaten (Provinsi):
Status dan Peringatan
Selayar (SULSEL) = SIAGA
Pulau Ende (NTT) = SIAGA
Flores-Timur Bagian Utara (NTT) = SIAGA
Pulau Sikka (NTT) = SIAGA
Sikka Bagian Utara (NTT) = SIAGA
Ende Bagian Utara (NTT) SIAGA
Pulau Lembata (NTT) = SIAGA
Flores-Timur Pulau Adonara (NTT) = SIAGA
Manggarai Bagian Utara (NTT) = SIAGA
Ngada Bagian Utara (NTT) = SIAGA
Lembata Bagian Utara (NTT) = SIAGA
Buton (SULTRA) = SIAGA
Alor Bagian Utara (NTT) = SIAGA
Bombana (SULTRA) = SIAGA
Manggarai-Barat Bagian Utara (NTT) = WASPADA
Wakatobi (SULTRA) = WASPADA
Bima Pulau Gili (NTB) = WASPADA
Maluku-Tenggara-Barat P.Wetar (MALUKU) = WASPADA
Dompu Bagian Utara (NTB) = WASPADA
Bulukumba (SULSEL) = WASPADA
Kendari Pulau Watulumango (SULTRA) = WASPADA. (dtc/087)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.