Parade Semarapura Fashion Day, Tampilkan Ragam Kain Endek Klungkung

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
fashion111111
Kegiatan Fashion Show yang prakarsai oleh Dekranasda Kabupaten Klungkung dibuka Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta. (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Parade Semarapura Fashion Day digelar di Blok A Pasar Seni Semarapura, Kabupaten Klungkung, Kamis (9/12). Kegiatan yang prakarsai oleh Dekranasda Kabupaten Klungkung ini dibuka Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta dengan didampingi Ketua Dekranasda Ny Ayu Suwirta, Wakil Bupati, I Made Kasta didampingi Ny Sri Kasta, Sekretaris Daerah Gede Putu Winastra, para asisten dan Kepala OPD serta masyarakat pengunjung Pasar Seni Semarapura.

Kegiatan ini menampilkan peragaan pakaian kerja dan adat Bali dengan menggunakan bahan dasar beraneka motif Kain Endek Klungkung. Fashion show ini dibawakan oleh para model dadakan dari perwakilan OPD Pemda Klungkung, karyawan perbankan dan pegawai dari Koppas Srinadi. Selain itu juga diisi penampilan dari The Models Management Klungkung.

Bupati Suwirta mengatakan, dengan kegiatan Semarapura Fashion Day ini ada tiga poin yang bisa dapatkan, pertama, Klungkung memiliki pasar yang representatif sebagai tempat promosi sebagaimana layaknya pasar modern. Apalagi pasar telah dilengkapi dengan pendingin ruangan serta interior yang bagus maka Blok A Pasar Seni Semarapura tidak kalah dengan mall.

Kedua, Kabupaten Klungkung sebagai pusat Kain Endek di Bali harus tampil terdepan dalam hal kualitas, motif dan lain lain. Maka dari itu sebagai warga Klungkung harus mampu menunjukkan Endek Klungkung adalah Endek terbaik di Bali dan bahkan se Indonesia.

Ketiga, sesuai tema kegiatan ini “Wastra Santi Semara Ratih” yang berarti pakaian santun dan inovatif dan peraturan Gubernur Bali tentang penggunaan pakaian busana Bali, maka sebagai orang Bali kita harus mampu menampilkan dan menggunakan pakaian yang santun dengan penggunaan bahan bahan produk lokal. Tidak hanya saat bersembahyang namun juga saat bekerja di kantor.

“Dokumentasi kegiatan ini selanjutnya akan menjadi media promosi Kabupaten Klungkung khususnya dalam mempromosikan pasar dan produk lokal Klungkung,” ujar Bupati Suwirta.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Wayan Sumarta mengatakan kegiatan yang dilaksanakan selama sehari ini digelar bertujuan untuk memperkenalkan kain Endek Klungkung kepada masyarakat luas dan generasi muda. (855)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *