Perfect Fit Luncurkan Inovasi Celana Dalam Menstruasi Buatan Indonesia

perfect fit
Co-Founder & CEO Perfect Fit, Tungga Dewi dan Shanina. (yani)

DENPASAR | patrolipost.com – Mendukung kesehatan perempuan, Perfect Fit meluncurkan inovasi period proof underwear (celana dalam menstruasi) pertama buatan Indonesia. Perfect Fit merupakan sebuah start up (bisnis rintisan) hadir untuk memberikan akses kepada produk menstruasi ramah lingkungan dan edukasi mengenai kesehatan reproduksi, hak perempuan, dan kelestarian lingkungan.

Co-Founder & CEO Perfect Fit, Tungga Dewi mengatakan, Perfect Fit hadir untuk mendobrak tabu kesehatan menstruasi melalui produk inovatif dan edukasi terhadap kesehatan reproduksi.

“Sedikit sekali inovasi yang hadir terkait menstruasi. Padahal, menstruasi adalah bagian yang sangat penting dalam hidup perempuan,” ujar Tungga Dewi di Kubu Kopi Hayam Wuruk Denpasar, Kamis (9/12/2021).

Lebih lanjut dijelaskannya, start-up ini didirikan oleh 2 perempuan muda Indonesia yakni dirinya dan Riesa Putri. Dimana  setelah hampir 4 tahun, dirinya bekerja dalam bidang pemberdayaan perempuan.

“Bayangkan hampir 40 tahun perempuan mengalami menstruasi setiap bulan, tapi kenapa isu ini jarang dibicarakan?” lanjutnya.

Sedangkan berdasarkan data BPS (2019) terdapat 80 juta perempuan Indonesia yang berada di usia reproduktif yakni 10-49 tahun. Bahkan, mayoritas perempuan Indonesia masih menggunakan pembalut sekali pakai ketika menstruasi.

Tungga Dewi menerangkan terdapat dua concern utama pembalut sekali pakai yaitu masalah kesehatan dari klorin dan masalah lingkungan dari plastik yang terkandung dalam produk. Sehingga guna meminimalisasi concern tersebut, Perfect Fit menghadirkan revolusi menstruasi yang aman dan ramah lingkungan dengan period proof underwear atau celana dalam menstruasi anti tembus.

“Inovasi ini diinspirasi dari bentuk celana dalam kebanyakan dan menambahkan lapisan khusus di bagian tengah celana sebagai lapisan penyerap cairan dan lapisan anti bocor,” paparnya.

Pihaknya mengungkapkan bahwa produk Perfect Fit dapat menyerap cairan hingga 20 mil atau setara dengan empat buah pembalut sekali pakai. Tidak hanya itu, produk Perfect Fit sangat aman lantaran menggunakan material yang bebas bahan kimia berbahaya.

“Produk kami aman karena menggunakan material yang bebas bahan kimia berbahaya atau OEKO Tex Certified dan ramah lingkungan karena bisa digunakan 2-3 tahun sehingga mengurangi sampah,” terangnya.

Menurutnya sudah saatnya perempuan punya lebih banyak akses ke produk yang nyaman, inovatif, tapi tetap menjaga lingkungan dan bumi. Terutama Produk Perfect Fit adalah produk asli yang dibuat di Indonesia.

Untuk mengurangi kondisi period poverty atau kemiskinan menstruasi di Indonesia, Perfect Fit juga menerapkan “Buy One Give One” model. Yakni setiap pembelian satu produk menstruasi, satu produk lain akan didonasikan untuk perempuan di daerah terpencil.

“Kemiskinan menstruasi bisa menghambat remaja perempuan untuk datang ke sekolah dan perempuan dewasa untuk melakukan aktivitas sehari-harinya, yang pada akhirnya mengurangi kesempatan mereka untuk mencapai potensi penuh dirinya,” imbuhnya.

Hal ini mengingat kemiskinan menstruasi adalah kondisi dimana perempuan tidak dapat memiliki akses untuk mendapatkan produk menstruasi dan pengetahuan terhadap menstruasinya. (030)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.