Presidensi G20 Usung 6 Agenda Strategis dan Bahas 3 Isu Utama

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
sri mulyani
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani. (ist)

NUSA DUA | patrolipost.com – Indonesia sebagai pemimpin penyelenggaraan pertemuan G20 mengangkat tiga isu utama yang akan dibahas dalam acara puncak pada November 2022 mendatang. Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Kick Off Presidensi G20 mengatakan, tiga isu utama tersebut juga dibahas dalam pertemuan tingkat deputi.

“Ada 6 agenda strategis yang dibahas di G20, ditambah 3 isu yang diminta oleh Presiden Jokowi,” kata Sri Mulyani saat memberikan keterangan pers di Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali, Kamis (9/12/2021).

Bacaan Lainnya

Pertemuan tingkat deputi digelar selama 2 hari, mulai 9-10 Desember 2021. Agenda pertama adalah seminar dengan menghadirkan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani, Menkeu Italia dan Menkeu India. Acara dipandu oleh Gubernur BI Perry Warjiyo.

Sri Mulyani menambahkan, arsitektur global kesehatan yang telah dibahas dalam forum Italy Presidency, akan tetap dibahas dalam di pertemuan G20 Nusa Dua. Pembahasan itu untuk menciptakan kesiapan terhadap ancaman pandemi di masa mendatang.

“Maka dalam hal ini, kita harus keluar dari arsitektur global kesehatan, ini sudah dilakukan oleh Italy Presidency,” kata Menkeu.

Selain itu, kata Sri Mulyani, Presiden juga menekankan pada isu strategi ekonomi digital. Hal itu untuk menciptakan akses finansial kepada para UMKM melalui kebijakan pemerintah. Termasuk, transisi energi menuju ekonomi hijau.

“Bagaimana mendesain transisi energi ini,” kata Sri Mulyani. (pp03)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *