Menara Vokasi Politeknik eLBajo Commodus  Hadirkan Expo dan Job Fair di Labuan Bajo

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
expo mabar
Pemotongan pita di area Expo dan Job Fair oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Manggarai Barat, Martinus Ban bersama Koordinator Bidang Kemitraan dan Pemasaran Mitras DUDI Kemendikbudristek, Agus Susilo Hadi, Plt Direktur Politeknik eLBajo Commodus Bapak Andy Iwan Iswanto, Selasa (7/12/2021). (ist)

LABUAN BAJO | patrolipost.com – Gebyar Menara Vokasi Expo & Job Fair Labuan Bajo secara resmi menutup keseluruhan rangkaian Forum Group Discussion (FGD) Program Menara Vokasi Periode 2021 Kementreian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi RI dengan Politeknik elBajo Commodus yang ditunjuk sebagai salah satu Akselerator daerah.

Keseluruhan rangkaian FGD ditutup dengan diskusi terbuka pembentukan Komite Menara Vokasi Labuan Bajo dan usulan-usulan struktur organisasi yang mewakili unsur PentaHelix di Kabupaten Manggarai Barat. Hal ini penting untuk menjadi tindak lanjut dari keseluruhan rangkaian FGD Menara Vokasi, untuk kemudian bekerja bersama-sama demi peningkatan ekonomi dan kemajuan Manggarai Barat.

Bacaan Lainnya

Gebyar Expo & Job Fair Labuan Bajo ini berlangsung dari tanggal 7 – 9 Desember 2921 bertempat di halaman Kampus Politeknik eLBajo Commodus dan secara resmi dimulai dengan pemotongan pita di area Expo dan Job Fair oleh Asisten Perekonomian Dan Pembangunan Kabupaten Manggarai Barat, Martinus Ban bersama Koordinator Bidang Kemitraan dan Pemasaran Mitras DUDI Kemendikbudristek, Agus Susilo Hadi, Plt. Direktur Politeknik eLBajo Commodus Bapak Andy Iwan Iswanto, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Manggarai Barat, Theresia P Asmon serta disaksikan oleh Kepala Sekolah  dan Perwakilan dari SMK-SMK Vokasi se – Manggarai Raya.

Program Gebyar Menara Vokasi 2021 (Sinergi Vokasi untuk Penguatan Ekonomi Daerah) ini diselenggarakan oleh Direktorat Kemitraan Dunia Usaha dan Dunia Industri dan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi. Kegiatan Gebyar Menara Vokasi ini diadakan secara serempak di 5 menara Vokasi yaitu Politeknik Elbajo Commodus untuk menara vokasi Labuan Bajo, Politeknik Negeri Medan untuk menara vokasi Medan, Politeknik Negeri Bengkalis untuk menara vokasi Pekanbaru, Politeknik Negeri Banjarmasin untuk menara vokasi Banjarmasin, Kemudian Politeknik Negeri Ujung Pandang untuk menara vokasi Kolaka.

Dalam puncak Gebyar Menara Vokasi kali ini juga berlangsung penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) serentak bersama pemerintah daerah, dunia usaha dan dunia industri, media massa, serta sekolah dan perguruan tinggi vokasi.

Penandatangan MoU & MoA secara serempak ini diselenggarakan antara Politeknik eLBajo Commodus dengan mitra Pentahelix dan juga SMK-SMK Vokasi Manggarai Raya dengan mitra Pentahelix lainnya.

Plt Direktur Politeknik eLBajo Commodus, Andy Iwan Iswanto menyampaikan bahwa Gebyar Menara Vokasi ini penting dilaksanakan untuk menyosialisasikan kebijakan pendidikan vokasi, serta memfasilitasi kerja sama antara satuan pendidikan vokasi dengan dunia usaha dan dunia industri.

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Manggarai Barat, Theresia Primadona Asmon, dalam press conference menyampaikan bahwa kegiatan  ini merupakan job fair pertama yang dilaksanakan di Manggarai Barat dan juga mendapatkan respon positif dari pihak industri, instansi dan juga UMKM setempat.

“Data sementara, ada sekitar 14 perusahaan yang ambil bagian. Dan kami bersyukur, peminatnya tinggi, yang dibuktikan dengan banyaknya pencari kerja yang berkunjung di hari pertama,” jelas Ney Asmon.

Ia menambahkan, pihaknya sengaja melakukan terobosan berupa job fair, karena selama ini tenaga kerja lokal belum terbiasa mengakses kesempatan kerja secara online.

“Kita akan jadikan ini agenda rutin tahunan. Bahkan kita akan perluas jejaring, termasuk masuk ke tingkat desa,” ujar Ney Asmon.

Ia pun menyarankan agar para pencari kerja bisa menyiapkan lamaran dan langsung berkunjung ke arena job fair di Halaman Kampus Politeknik eLBajo Commodus.

Adapun Mitra-mitra yang juga ikut terlibat dalam Expo dan Job Fair ini antara lain Sudamala Komodo Resort, Ayana Komodo Resort, PT Pos Indonesia, New Eden Mornga, Star-Up NoaBike, La Prima Hotel, Denny’s Group, Koperasi Tiba Meka Mandiri, Perumda Bidadari, La Prima Hotel, Bea Cukai, Exotic Komodo, The Jayakarta Suites Komodo Flores, Pos Kupang, La Cecile,  Sento Senso & Tanjung Limas, PT Cahaya Adrian Flores, dan PT Wings. (334)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *