CReSOS, LLPM Unud-Department Geofisika dan Meterologi IPB Bahas Penelitian Iklim di Indonesia

2021 12 07 10 30 16 868
2021 12 07 10 30 16 868

Pertemuan CReSOS, LLPM Unud-Department Geofisika bersama Meterologi IPB. 

 

Bacaan Lainnya

 

DENPASAR | patrolipoat.com – Center for Remote Sensing and Ocean Sciences (CReSOS), LPPM Universitas Udayana menerima kunjungan dari Department Geofisika dan Meteorologi, Institut Pertanian Bogor (IPB), Senin (6/12/2021). Rombongan IPB terdiri dosen dan mahasiswa pascasarjana (S2 dan S3) dibidang klimatologi terapan yang dipimpin langsung Ketua Departmen Geofisika dan Meteorologi Dr. Rahmat Hidayat.

“Kunjungan ini bertujuan untuk penjajakan kerjasama antara Program Studi Klimatologi terapan dengan mitra salah satunya dalam bentuk kunjungan lapang ke CReSOS,” ucap Dr. Rahmat Hidayat.

Kunjungan diterima langsung oleh Ketua CReSOS, Dr. I Gede Hendrawan dan didampingi oleh peneliti Dr. I Wayan Gede Astawa Karang, Dr. Ashyakur dan Ida Bagus Mandhara Brasika, M.Sc. Ketua CReSOS menyampaikan sambutan sekaligus memperkenalkan CReSOS, LPPM Unud.

Melalui pemaparannya, Dr. Hendrawan menyampaikan bahwa CReSOS, LPPM Unud menyambut baik inisiasi kerjasama antara IPB dan Unud khususnya terkait penelitian dibidang Klimatologi dan oseanografi berbasis data satelit yang merupakan bidang kajian dari CReSOS itu sendiri. Diskusi diisi dengan presentasi oleh peneliti CReSOS dan mahasiswa doktoral prodi Klimatologi Terapan yang berasal dari BMKG. Pada acara ini dibahas betapa pentingnya research terkait iklim dan laut kedepannya terutama explorasi berbasis data satelit. Indonesia yang merupakan area dengan sistem iklim yang komplek memerlukan kajian yang mendalam dari skala makro hingga mikro dan salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah peningkatan kerjasama antar institusi baik universitas maupun lembaga research yang lain.

“Pertemuan ini juga membahas potensi kerjasama dibidang pembelajaran melalui pengembangan share lecture atau remote teaching sebagai bentuk implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) antara Unud dan IPB serta lembaga lain,” kata Dr. Hendrawan. (wie)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.