Hujan Deras, Bangunan Rumah Warga Dusun Jelantik Kuribatu Ambrol Diterjang Air Bah

sungai 55555
Warga pemilik rumah gotong royong membersihkan material yang menutupi aliran Sungai Cau. (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Klungkung seharian penuh berujung bencana. Luapan air hujan yang ditampung di sungai malah menjadi luapan banjir.  Meluapnya air Sungai Cau sempat membuat histeris keluarga Abdul Hadi (46) warga Dusun Jelantik Kuribatu, Desa Tojan. Dapur rumahnya ambrol diterjang air bah Sungai Cau tersebut.

Menurut Abdul Hadi kejadian yang sempat membuat keluarganya khawatir akan air bah menggenangi seluruh rumahnya yang terletak disebelah timur bantaran Sungai Cau yang sedang banjir bandang tersebut. Akibat ambrol banguna dapur rumahnya sejumlah perabotan dapur seperti wajan, kulkas maupun kompor gas hanyut terbawa air bah yang datang tiba- tiba tersebut.

Kemungkinan hujan deras sepanjang hari sekitar pukul 04 dini hari, Senin (6/12) mengakibatkan longsor yang terjadi sepanjang 10 meter yang ada disebelah barat Sungai Cau.

Petugas Hansip Dusun Jelantik Kuribatu Desa Tojan Ketut Sukarta menyatakan tanah yang longsor dibarat Sungai Cau sepanjang 10 meter ini menjebol juga aliran subak Cau yang terputus ,sehingga warga petani yang mengandalkan air dari saluran air subak Cau tersebut dipastikan tidak dapat pasokan air nantinya.

“Kerugian akibat jebolnya saluran air subak cau dan banguna dapur diperkirakan sekitar Rp 10 juta lebih,” pungkasnya. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.