Dua Pohon Beringin Tumbang, Timpa Pura dan Mobil di Desa Sulahan Bangli

dibongkar pol pp
Kondisi Pura Dalem Pingin setelah tertima dahan pohon beringin yang tumbang. (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan pohon beringin di areal Pura Dalem Pingit di Banjar/Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli tumbang, Senin (6/12/2021) sekitar pukul 04.35 Wita. Dua pohon beringin yang tumbang menimpa bangunan pura dan atap rumah milik warga serta sebuah mobil.

Bendesa Adat Sulahan, Ketut Suwela mengatakan pada satu areal pura Dalem Pingit  terdapat dua pohon beringin dan satu pohon kesambi. Akibat hujan deras dan angin kencang ketiga pohon tersebut tumbang. Dahan pohon menimpa palinggih padma, panggungan, serta penyengker pura. Selain itu menimpa atap bangunan dapur, kamar mandi milik keluarga Dewa Aji Gading.

“Dahan pohon juga menghantam garase dan menghancurkan mobil yang ada di dalam garase,” ungkapnya.

Sementara batang pohon beringin menutup seluruh badan jalan dari Banjar/Desa Sulahan menuju Banjar Lumbuan Desa Sulahan.

Disinggung terkait evakuasi pohon yang tumbang, kata Ketut Suwela mengatakan, proses evakuasi melibatkan tim gabungan yakni dari BPBD, TNI/Polri dan Dinas PU.

“Sebelum dilakukan evakuasi lebih dulu dilakukan upacara piuning di Pura Dalem Pingit, mengingat pohon beringin ini sangat dikeramatkan,” jelasnya.

Sementara akibat musibah yang terjadi kerugian ditaksir ratusan juta rupiah. Pada 2016 lalu pohon beringin di areal pura tersebut juga tumbang. Dahan pohon juga mengenai rumah warga.

“Ada beberapa pohon beringin di lokasi ini. Tahun 2016 sempat tumbang satu pohon. Dan menyisakan dua pohon, namun kali ini keduanya tumbang,” kata Ketut Suwela.

Menyikapi musibah yang terjadi  dalam waktu dekat akan dilakukan paruman dengan palinggir di Banjar Sulahan termasuk dengan pengempon pura. Nantinya akan ada upaya niskala, salah satunya bertanya dengan orang pintar.

“Kami akan parum untuk membahas langkah selanjutnya,” kata Bendesa yang juga pemilik usaha toko sembako ini.

Terpisah, Kasi Kedarutan dan Logistik BPBD Bangli, Ketut Agus Sutapa mengatakan, terpantau beberapa titik bencana pada Senin (6/12/2021). Terjadi pohon tumbang di Banjar Sulahan, tanah longsor di jalur Peninjoan-Penarukan, Desa Peninjoan Kecamatan Tembuku. Pohon tumbang menimpa atap rumah warga di Banjar/Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli.  Berikutnya pohon tumbang di areal Pura Prajapati Banjar/Kelurahan Kawan serta longsor di kawasan objek wisata Twin Hill Desa Bunutin Kecamatan Bangli.

“Proses evakuasikami berkordinasi dengan dinas PU, untuk percepat penanganan perlu bantuan alat berat,” sebutnya. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.