Dahan Pohon Beringin Tumbang Timpa Toko di Desa Tamanbali Bangli

pohon tumbang bangli
Dahan pohon beringin timpa toko di wilayah Dusun Pande, Desa Tamanbali, Kecamatan Bangli, Minggu (5/12/2021). (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan dahan pohon beringin di depan Pura Puser Jagat, Desa Tamanbali, Kecamatan tumbang, Minggu (5/12/2021) sekitar pukul 14.00 Wita. Dahan beringin berdiameter kurang lebih 90 cm tersebut menimpa dua toko yang ada di sebelah barat jalan. Selain itu dua unit kendaraan yang melintas juga sempat kena dahan pohon.

Adapun toko yang tertimpa yakni toko sembako serta counter handphone (HP). Menurut pemilik counter HP, Sang Putu Topan Pawitra, awalnya hujan lebat disertai angin. Selang beberapa waktu, tiba-tiba dahan beringin yang berada di Timur jalan tumbang. Dahan pohon langsung menimpa atap toko.

Bacaan Lainnya

“Saat kejadian saya ada di dalam toko. Begitu dahan tumbang saya segera keluar menyelamatkan diri,” ujarnya.

Sang Putu Topan mengaku bersyukur dirinya tidak mengalami luka akibat kejadian tersebut. Lantaran atap toko rusak, maka seluruh barang dagangnya dipindahkan sementara. “Barang-barang di counter langsung saya pindahkan,” sebut pria asal Dusun Sidawa, Desa Tamanbali, Bangli ini.

Sementara toko sembako milik Sang Made Ardika. Pemilik toko juga dalam keadaan selamat.

Menurut, warga setempat yakni Sang Nyoman Suardana, kejadian pohon tumbang terjadi sekitar pukul 14.00 Wita. Saat kejadian, sempat dua kendaraan terkena dahan pohon.

“Warga sudah sempat ingatkan jangan dulu melintas, karena ada dahan yang akan tumbang lagi. Tapi pengendaraan tetap melintas dan akhirnya mobil terkena dahan,” ungkapnya.

Pasca terkena dahan, kedua kendaraan tersebut langsung meninggalkan lokasi. Disampaikan  pula, badan jalan hampir semua tertutup dahan pohon. Kemudian warga yang memiliki alat potong langsung berupaya melakukan evakuasi.

“Warga bersihkan dahan semampunya sembari menunggu petugas agar tidak macet terlalu lama,” sebutnya.

Di lokasi terpisah, di Banjar Selatan Tengah, Desa Selat Kecamatan Susut Bangli terjadi tanah longsor disertai pohon tumbang.

Kepala Pelaksana BPBD Bangli, Ketut Gede Wiredana mengatakan senderan Pura Penataran Selat Tengah longsor pada Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 17.30 Wita. Selain itu pohon yang tumbuh di atas senderan juga ikut tumbang. Akibatnya akses jalan tertutup.

“Jalur tersebut salah satu akses menuju wilayah Kayuambua Desa Tiga Kecamatan Susut dan akses menuju Kabupaten Gianyar,” jelasnya.

Lanjut Gede Wiredana untuk proses evakuasi diturunkan alat berat. Selain itu untuk pemangkasan pohon juga dibantu alat skylift milik Pemkab Gianyar. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.