Antisipasi Virus Varian Omicron, Polsek Rendang Tingkatkan Disiplin Prokes Masyarakat

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
polsek rendang
Personel Polri mengamankan persembahyangan warga di Pura Besakih, Karangasem, Bali. (ist)

AMLAPURA | patrolipost.com – Jajaran Polsek Rendang Polres Karangasem menerjunkan personel ke lapangan untuk meningkatkan disiplin masyarakat melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes). Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi masuknya varian baru Covid-19 yang lebih berbahaya yakni B.1.1.529 yang ditemukan di Afrika Selatan 26 November 2021 dengan sebutan Omicron.

Personel gabungan dari berbagai satuan diterjunkan ke masyarakat dalam Kegiatan Kepolisian yang Ditingkatkan (K2YD), mulai dari objek vital, pasar, sampai objek wisata. Selain mengantisipasi gangguan kamtibmas, K2YD juga fokus mengawasi dan mengedukasi masyarakat agar taat menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes), terutama 3M (memakai masker, mencuci tangan serta menjaga jarak).

Bacaan Lainnya

“Personel kita terjunkan berpatroli ke titik-titik rawan mengantisipasi gangguan kamtibmas menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), sekaligus mengantisipasi masuknya varian baru Covid-19 yakni Omicron,” ujar Kapolsek Rendang AKP I Nyoman Sukadana, seizin Kapolres Karangasem AKBP Ricko AA Taruna.

Dijelaskan Nyoman Sukadana, Minggu (5/12/2021) Perwira Pengawas (Pawas) Iptu Wayan Putu bersama 4 personel melaksanakan patroli dialogis ke sejumlah objek vital seperti bank, SPBU dan objek wisata dan titik keramaian. Selain mencegah gangguan kamtibmas, personel juga bertujuan mengimbau dan mengingatkan warga agar mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) dalam masa PPKM Level 2 yang diprogramkan pemerintah. Apalagi saat ini telah muncul virus Corona carian baru Omicron, yang penyebarannya lebih cepat dari varian- varian yang ada.

“Dalam patroli dialogis itu personel mengimbau warga untuk selalu memakai masker dengan benar, sering-sering mencuci tangan dan menjaga jarak karena pandemi belum berakhir,” ujarnya.

Menurutnya, upaya sosialisasi dan edukasi Prokes akan terus dilakukan pihak Kepolisian sesuai dengan arahan pimpinan. Hal itu sebagai bentuk pengabdian Polri kepada masyarakat untuk mendukung suksesnya penanganan wabah Virus Corona yang masih mengancam jiwa masyarakat.

Sementara itu Pawas Iptu Wayan Putu mengatakan, pihaknya melakukan patroli serta sambang ke titik-titik keramaian serta pemukiman warga. Apabila di lapangan, personel menemukan ada warga yang mengalami gejala, seperti pilek, demam, batuk, suhu tubuh naik, dan yang lainnya, personel langsung berkoordinasi dengan Satgas Desa. Warga diminta agar segera memeriksakan diri ke dokter dan berusaha tidak melakukan kontak langsung, baik dengan keluarga maupun orang lain.

Patroli dan pemantauan juga dilakukan para Bhabinkamtibmas di desa binaan masing-masing. Seperti dilakukan anggota Pos Sub Sektor Besakih Polsek Rendang Polres Karangasem Aiptu I Ketut Nukari. Bersama anggotanya, Kasub Sektor Besakih memberi edukasi dan imbauan Porkes kepada para pemedek/pengunjung Pura Besakih, baik wisatawan maupun umat yang akan sembahyang.

Para pengunjung pura diperiksa suhu tubuhnya, diminta agar memakai masker, menjaga jarak serta diarahkan untuk mencuci tangan di whastafel yang sudah disediakan panitia. (zar)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *