Hari Disabilitas Internasional 2021,  K3S dan Dinsos Denpasar Gelar Ragam Kreativitas Penyandang Disabilitas

alat bantu disabilitas
Walikota Jaya Negara bersama Wakil Walikota Arya Wibawa saat menyerahkan alat bantu bagi lansia dan penyandang disabilitas Kota Denpasar. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Memperingati Hari Disabilitas Internasional 2021, Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Denpasar bersinergi dengan Dinas Sosial menggelar agenda pentas kreativitas disabilitas Denpasar di Gedung Dharma Negara Alaya, Sabtu (4/12/2021).  Hadir menyaksikan pagelaran ragam kreativitas, Walikota Jaya Negara bersama Wakil Walikota Arya Wibawa, dan mengapresiasi karya lukis disabilitas dan membeli dua karya lukis dalam kegiatan pameran karya diisabilitas.

Tampak hadir Ketua DPRD Denpasar I Gusti Ngurah Gede bersama Ny Ngurah Gede, Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahterana Sosial (K3S) Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara bersama Wakil Ketua K3S Ny Ayu Kristi Arya Wibawa dan Ketua DWP Ny IA Wiradana.

Bacaan Lainnya

Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri para donatur pendukung kegiatan sosial dan pelaksanaan peringatan Hari Disabilitas Internasional di Kota Denpasar.

Walikota Jaya Negara mengatakan meski dalam situasi pandemi dengan keterbatasan, pelaksanaan peringatan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2021 tetap memberikan ruang kreativitas dan ekspresi kepada penyandang disabilitas di Kota Denpasar.

“Pemkot Denpasar terus berkomitmen memberikan ruang kreativitas dan ekspresi kepada Disabilitas Denpasar. Hal ini dengan dukungan keberadaan Rumah Berdaya Kota Denpasar bagi penyandang Skizofrenia dan juga Rumah Bisabilitas yang berlokasi di Jalan Kamboja Denpasar sebagai tempat berekspresi dan berkreativitas para disabilitas,” ujar Jaya Negara.

Pihaknya juga meninjau pelaksanaan pameran kreativitas di Rumah Berdaya dan Rumah Bisabilitas Kota Denpasar. Dimana dalam peringatan Hari Disabilitas 2021, penyandang disabilitas dan segala kreativitasnya diberikan kesempatan untuk tampil dan berekspresi.

“Kami sangat mengapresiasi kreativitas disabilitas mulai dari berpusisi, menari, modeling, bermain musik dan juga kegiatan lain dalam berwirausaha,” sebutnya.

Lebih lanjut dikatakannya, para disabilitas di Kota Denpasar memiliki semangat dalam memberikan kontribusi bagi Pemerintah Kota Denpasar

Sementara Ketua K3S Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara mengucapkan terima kasih kepada para donatur dan pihak swasta melalui dana Coorporate Social Responsibility (CSR) yang secara berkesinambungan telah memberikan dukungan, baik dalam kegiatan sosial dan ruang ekspresi kepada disabilitas.

“Terima kasih kepada pihak CSR dan donatur  yang telah memberikan bantuan 50 buah kursi roda kepada K3S Denpasar, Bantuan 980 paket sembako serta dukungan dalam kegiatan memperingati Hari Disabilitas Internasional 2021,” jelasnya.

Ny Sagung Antari juga mengajak penyandang disabilitas untuk menampilkan kreativitasnya dalam berbagai bidang. Adanya keterbatasan bukan halangan bagi penyandang disabilitas untuk berkreativitas.

“Namun dengan ruang ekspresi dan dukungan bersama dapat membangkitkan semangat disabilitas,” ungkapnya.

Pihaknya menuturkan Hari Disabilitas tahun 2021 mengusung tema kepemimpinan dan partisipasi penyandang disabilitas menuju tatanan dunia yang inklusive, aksesibel dan berkelanjutan pasca Covid-19 dapat menjadi cambuk semangat bersama, bergerak bersama memberikan teman-teman disabilitas kesempatan yang sama.

Ketua Panitia Peringatan Hari Disabilitas di Kota Denpasar, Agung Adi menambahkan penampilan yang disuguhkan dalam peringatan tahun ini yakni Tari Condong dari teman-teman Tuli Yayasan Corti, pembacaan puisi oleh penyair dari Skizofrenia Tuna Netra dan Disabilitas fisik yakni Angga Wijaya, Aditya Putra Pidada dan Ni Putu Prima Terima Sanjiwangi.

“Kemudian Arusaji Band dari Rumah Berdaya Denpasar, Ability Music Corner dari Rumah Bisabilitas,” tandasnya. (030)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.