Akibat Hujan Deras, Bahu Jalan Tamanbali- Guliang Kangin Longsor

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
jalan longsor1
Kondisi bahu jalan di Desa Tamanabali yang longsor. (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Hujan deras dan kondisi tanah yang labil mengakibatkan bahu jalan di ruas jalan Tamanbali-Guliang  Kangin, tepatnya di Banjar Teruna, Desa Tamanbali longsor, Senin (29/11/2021) sekira pukul 15.30 Wita. Kini jalan alternatif menuju Kabupaten  Gianyar dan Klungkung tersebut  tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR Perkim) Bangli I Wayan Lega Suprapto  ditemui di lokasi mengatakan sejatinya longsor terjadi sebanyak  empat kali. Panjang  bahu jalan yang amblas sekitar 20 meter dengan kedalaman hampir 50 meter.

Bacaan Lainnya

”Memang sebelum longsor terjadi ada beberapa pekerja proyek pelebaran jalan bekerja di lokasi, karena longsor terjadi beberpa kali, pekerja memilih tinggalkan lokasi kerja,” ujarnya.

Lanjut Wayan Lega Suprapto  longsor mengakibatkan putusnya saluran irigasi yang posisinya di bawah bahu jalan.  Tumpahan air irigasi  mengikis tanah dan membuat  bahu jalan amblas. Melihat kondisi longsor   maka untuk perbaikan butuhkan anggaran yang lumayan besar.

“Sebelah bahu jalan merupakan jurang  dengan kedalaman hampir 50 meter, untuk penguatan bahu jalan perlu dibuat dinding penahan tanah (DPT), nanti akan kami koordinasikan dengan pimpinan,” jelasnya.

Kata Kabid asal Desa Manikliyu, Kecamatan Kintamani ini, longsornya bahu jalan praktis kini jalan hanya bisa dilewati  kendaraan roda dua. Sementara untuk hindari terjadi hal yang tidak diinginkan di lokasi telah dipasang polise line dan pasang rambu larangan kendaraan besar melintas,” sebutnya. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *