Garden Healing Theraphy, Alternatif Penyembuhan Ala RSUD Buleleng

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
garden healing
Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Buleleng Putu Arya Nugraha mengembangkan metode baru pengobatan yang disebut "Garden Healing Theraphy". (ist)

SINGARAJA | patrolipost.com – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Buleleng Putu Arya Nugraha mengembangkan metode baru pengobatan yang disebut “Garden Healing Theraphy”. Arya Nugraha mengaku terusik melakukan inovasi setelah melalui proses pengamatan bahwa dunia medis cukup intens memberikan perhatian pada aspek ragawi, namun melupakan aspek pengobatan rohani pasien. Membantu kesembuhan pasien dengan metode tersebut telah dilakukan sejak 5 Maret 2021 lalu.

“Saya melakukan inovasi menciptakan apa yang disebut Garden Healing Theraphy untuk mengatasi efek psikologis pasien yang timbul akibat penyakit jasmani,” katanya, Senin (29/11/2021).

Bacaan Lainnya

Menurut dr Arya, penyakit fisik sering kali memberi dampak buruk pada mental pasien sehingga menimbulkan keadaan depresi seperti panik atau cemas. Untuk mengatasinya, melalui Garden Healing Theraphy dirinya mewujudkan suatu desain lingkungan yang memadukan antara unsur alam, indra dan psikologis. Desain lingkungan tersebut, menurutnya dapat mendukung proses penyembuhan pasien.

“Alam memiliki efek restoratif seperti menurunkan tekanan darah, memberikan konstribusi bagi keadaan emosi yang positif, menurunkan kadar hormon stres dan meningkatkan energi,” imbuhnya.

Untuk mengembangkanya, dr Arya mengaku mengajak semua elemen internal RSUD Buleleng  terutama unsur psikolog klinis dan tenaga kesehatan untuk menjalankan terapi. Selain itu, Bagian Sarana Rumah Sakit juga ditugaskan untuk membuat dan menata taman sedemikian rupa sehingga dapat memberikan vibrasi positif kepada pasien.

“Kami juga berkerja sama dengan Eco Enzyme Indonesia untuk pembuatan pupuk organic dalam melakukan perawatan tanaman,” ujar dr Arya.

Melalui segala upaya yang telah dilakukan, Arya berharap Garden Healing Theraphy menjadi inovasi yang dapat memberikan manfaat baik bagi seluruh pasien yang membutuhkan. Menurutnya, kendati belum dilakukan evaluasi dengan metodelogi analisis statistic, secara empirik ternyata sangat memberikan efek perkembangan psikologi pasien terutama menumbuhkan motivasi untuk sembuh.

“Rata-rata respon pasien dengan metode Garden Healing Theraphy sangat baik. Teoritis psikoterapi itu sangat penting dan kita sering melupakannya,” tandasnya. (625)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *