Bupati Suwirta Kampanye Generasi Sehat tanpa Rokok

Gebyar Kampanye Generasi Bebas tanpa Rokok di Lapangan Puputan Klungkung.

SEMARAPURA | patrolipost.com – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Klungkung Ny Ayu Suwirta didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra menghadiri Gebyar HKN ke-55 tahun 2019 serta kampanyekan Generasi Sehat tanpa Rokok di depan Monument Puputan Klungkung, Minggu (17/11/2019).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung Dr Ni Made Adi Swapatni melaporkan, Gebyar Hari Kesehatan Nasional (HKN) merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-55 tahun 2019 yang jatuh pada tanggal 12 November 2019. Dalam memperingati HKN ke-55 ini Dinas Kesehatan sudah mengadakan berbagai kegiatan diantaranya Lomba Senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang diikuti oleh seluruh jajaran Dinas Kesehatan baik itu Puskesmas, Rumah Sakit dan Sekolah Kesehatan SMK Panca Atma Jaya.

Bacaan Lainnya

Selain itu juga dilaksanakan bakti sosial kesehatan di Desa Pesinggahan bekerjasama dengan keluarga besar Fisiotherapy. Dalam kegiatan Gebyar HKN ini diisi dengan launching beberapa inovasi di bidang kesehatan.

Dia juga menyinggung Kebiasaan merokok di Indonesia sangat memprihatinkan. Setiap saat kita dapat menjumpai masyarakat dari berbagai usia, termasuk pelajar. Padahal, berbagai penelitian dan kajian yang telah di lakukan menunjukan bahwa rokok sangat membahayakan kesehatan.

“Bukan hanya membahayakan para perokok, asap rokok juga sangat berbahaya apabila dihirup oleh orang-orang yang berada di sekitarnya (perokok pasif). Bahkan sebagian penelitian menunjukkan bahwa para perokok pasif memiliki risiko kesehatan lebih tinggi dari pada para prokok itu sendiri,” ujar Dr Ni Made Adi Swapatni.

Menurutnya, Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung telah melakukan berbagai usaha untuk menyadarkan masyarakat untuk tidak merokok. Terutama memutus perokok pemula dimana Dinas Kesehatan telah membentuk Kader-kader di sekolah yang dinamakan Kader Siswa Peduli Bahaya Rokok (KSPBR).

Sementara itu Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya menyampaikan, sehat merupakan kebutuhan. Sehat akan terasa mahal jika kita dalam keadaan sakit, dan akan terasa murah apabila kita berada dalam keadaan sehat. Akan lebih baik sehat tanpa menkonsumsi rokok malah itu lebih berkualitas kesehatannya.

“Masyarakat Klungkung harus menjadi pahlawan kesehatan bagi dirinya sendiri,” ajak Bupati Suwirta.

Menjadi pahlawan bagi diri sendiri dengan membiasakan melakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, yakni dengan cara olahraga yang cukup, makan makanan bergizi, tidak merokok, seks bebas, dan budayakan pola-pola hidup sehat lainnya. Bupati Suwirta mengajak masyarakat Klungkung untuk mengendalikan pikirannya sendiri, demi mewujudkan kesehatan suatu hal yang murah dan mudah.

Dirinya juga  mengingatkan mari budayakan hidup sehat. Berkaitan dengan hal itu, Pemkab Klungkung melalui Dinas Kesehatan akan melaunching 5 program inovasi di bidang kesehatan, diantaranya Dorkemas (Datangi Obati Rawat Kesehatan Masyarakat). Dengan Inovasi Dorkemas ini yang ditunjang oleh SDM dan peralatan yang memadai dan kendaraan kesehatan, maka seluruh masyarakat Klungkung sampai ke daerah pelosok akan didatangi dan dilayani sesuai wilayah puskesmas masing-masing, terutama bagi masyarakat yang tidak mampu ke Puskesmas. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.